Pementasan Seni dan Budaya Daerah Kabupaten Batu Bara Tahun 2023 Resmi Dibuka


DikoNews7 -

Bupati Batu Bara Ir. H. Zahir. M. AP lewat Asisten I Setdakab Batu Bara Russian Heri secara resmi membuka pertunjukan pementasan seni budaya daerah kabupaten Batu Bara tahun 2023 di lapangan bola kaki Labuhan Ruku, kecamatan Talawi, kabupaten Batu Bara, Jumat (07/07)2023).

Hadir dalam kesempatan tersebut, selain Asisten I Setdakab Batu Bara, hadir juga Ketua Pejuang Bravo Lima Batu Bara, Vicktor Oktavianus, Ketua PWI Batu Bara, M. Dian, Kepala Dinas Pemuda, Olahraga, Kebudayaan dan Pariwisata (Disporapar) Batu Bara, Drs. Sapri. MM, Kepala Dinas Perikanan dan Peternakan, Antoni Ritonga. SP, Kepala Dinas Ketenagakerjaan, Perindustrian dan Perdagangan (Disnaker Perindag), Buhari Imran.S.S.M.SI, Camat Talawi, Basrah. M. SI, Camat Datuk Tanah Datar, Efendi. ST, Ketua TP. PKK,  Ketua Dharma Wanita Persatuan (DWP), Staf Ahli dan Kakan Kemenag.

Dalam sambutannya Bupati Batu Bara Ir. H. Zahir. M. AP lewat Asisten I Russian Heri mengatakan, dibukanya pementasan seni budaya kabupaten Batu Bara tahun 2023 yang diprakarsai oleh Disporapar kabupaten Batu Bara.

Kenapa hal ini baru kita laksanakan dan kita ketahui sama-sama bahwa sudah rindu masyarakat kabupaten Batu Bara tentang pementasan seni budaya ini, sejak tiga tahun yang lalu arena pertemuan yang seperti ini tidak bisa kita laksanakan, bebernya.

“Pada tahun ini yang dapat kita laksanakan karena kita sama-sama tahu saat itu dilanda COVID-19 dan inflasi daerah. Oleh sebab itu pada tahun ini Alhamdulillah kita laksanakan pementasan seni budaya ini, untuk mengingatkan kembali bagaimana seluruh etnis yang ada di kabupaten Batu Bara, “ ungkap Russian Heri.

Di katakannya, di kabupaten Batu Bara ini ada lebih kurang 13 etnis mulai dari Melayu, India, Cina, Karo, ada Simalungun, tetapi kita lihat segelintir saat ini alhamdulillah semangat antusias dari pada masing-masing etnis sudah menunjukan, salah satunya hadir bersama kita dari Simalungun dan luar biasa, ada juga dari Batak walaupun mereka dari Nibung Hangus dan mereka akan menampilkan atraksi-atraksi pada hari ini atau esok penampilannya.

Lebih lanjut disebut Russian Heri, kita lihat lagi dibelakang sana ada etnis Jawa, Alhamdulillah sudah mempersiapkan atraksinya akan menunjukan kepada masyarakat kabupaten Batu Bara atraksi pagelaran Reok Ponorogo. 

“Jadi kalau katanya ini Reok Ponorogo kuda lumping atau pun kuda gepang yang selalu dikenal di masyarakat dan ini banyak peminatnya, Insyah Allah nanti akan di tampilkan, “ ucapnya.

Insyah Allah dalam waktu dua hari ini akan di tampilkan seluruh etnis yang ada di kabupaten Batu Bara, kalau pun mereka siap untuk menampilkannya, tukas Russian Heri.

Sebelumnya, laporan ketua panitia pelaksana oleh Kadis Porapar kabupaten Batu Bara Drs. Sapri. M.M yang disampaikan Kepala Bidang Kebudayaan, Hj. Halimah, S. Pd.I. M.SI mengatakan, dasar pelaksanaan, Undang-Undang RI Nomor 5 Tahun 2017 tentang pemajuan kebudayaan. 

Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 52 tahun 2007 tentang pedoman pelestarian dan pengembangan adat istiadat dan nilai sosial budaya masyarakat.

Surat keputusan Kepala Dinas Pemuda, Olahraga, Kebudayaan dan Pariwisata kabupaten Batu Bara Nomor : 430 / 1043, tanggal 06 Juli 2023, tentang Pementasan Seni Budaya Daerah Tahun 2023.

Tujuan kegiatan ini adalah untuk memupuk rasa silaturahmi bagi kita semua di tengah-temgah ke Bhinekaan pada masyarakat kabupaten Batu Bara.

Dan kegiatan ini di selenggarakan selama dua hari mulai Jum’at hingga Sabtu, tanggal 07 s/d 08/2023.

Reporter : Erwin

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel