Dinas Perpustakaan Gelar Cerita Rakyat & Launching Aplikasi SIBAKAT


DikoNews7 -

Plt Bupati Langkat H Syah Afandin SH diwakili Sekretaris Daerah Kabupaten Langkat H Amril SSos MAP menghadiri Lomba Cerita Rakyat Tingkat SD/MI sederajat se-Kabupaten Langkat dan Grand Launching Aplikasi Sistem Baca Langkat (SIBAKAT), di Taman Budaya Tengku Amir Hamzah Stabat, Sumut. Rabu (09/08/2023).

Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan H. Romarlan Harahap, SH menyampaikan pelaksanaan kegiatan ini berdasarkan Undang-undang Nomor 43 Tahun 2007 tentang perpustakaan, dan Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 24 Tahun 2014 tentang pelaksanaan undang-undang Nomor 43 Tahun 2007 tentang perpustakaan

Sementara maksud dan tujuan lomba cerita rakyat dilaksanakan, bertujuan untuk meningkatkan minat dan kegemaran membaca khususnya di kalangan anak-anak tingkat sekolah dasar dan Madrasah Ibtidaiyah Kabupaten Langkat, kegiatan diikuti 53 peserta dari tingkat SD/MI yang ada di Kabupaten Langkat.

Lebih lanjut, Romarlan mengatakan ,tujuan pengembangan Aplikasi Perpustakaan Digital Sistem Dara Lengkap ( SIBAKAT) adalah untuk memberikan kemudahan kepada pengguna Perpustakaan atau masyarakat untuk mengakses bajak pustaka tanpa harus ke perpustakaan, serta dapat mengakses buku perpustakaan kapan dan dimanapun, ucapnya.

Sekretaris Daerah Kabupaten Langkat H. Amril, S.Sos, M.AP menyampaikan dalam undang-undang No. 43 Tahun 2007 menjelaskan pada kita bahwa perpustakaan merupakan wahana belajar sepanjang hayat.

Berbagai upaya dilakukan pemerintah dalam membudayakan gemar membaca, yaitu dengan menyediakan fasilitas-fasilitas pendukung budaya baca dan Literasi serta program-program kegiatan lainnya,  salah satu upaya yang dilakukan untuk meningkatkan budaya baca melalui Lomba Bercerita seperti yang dilaksanakan saat ini.

"Pemerintah daerah maupun swasta dapat bersinergi untuk melakukan berbagai kegiatan dan inovasi yang dapat memacu semangat baca Blbagi masyarakat Kabupaten Langkat," ucapnya.

Selanjutnya, Sekdakab Langkat  H. Amril,S.Sos, M.AP didampingi perwakilan kepala dinas Perpustakaan dan arsip provinsi Sumatera Utara serta perangkat daerah yang hadir meresmikan dan membuka Lomba Bercerita Rakyat dan Launching Aplikasi Perpustakaan (SIBAKAT), sekaligus penyerahan secara simbolis stand banner dan Totem SIBAKAT kepada:

1. Kabag pengadaan Barang dan Jasa kab. Langkat
2. Sekwan DPRD kab Langkat
3. kadis Dukcatpil Kab. Langkat
4. Camat Hinai
5. Rektor  STAI JM TJ. Pura
6 Kasek SMA N. 1 Stabat
7 Kasek SMP N. 5 Stabat
8. Kasek SD 056635 Pasiran Air Hitam
9 Ketua Taman Baca Masyarakat kab. Langkat
10. Ketua Formalindo

Acara dihadiri, Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan H. Romarlan Harahap, SH, Mewakili Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Provinsi Sumatera Utara, Sekretaris DPRD Kabupaten Langkat Drs. Basrah Pardomuan, Kabag Organisasi dan Tata Laksana Beni Sukmaria Ginting, S. Kom, M. AP, Kabag pengadaan barang dan jasa David Helgod Pardede, S.IP, M.SP, Rektor STAI JM Tanjung Pura Dr. Mhd. Saleh, SHI, MA, Camat Hinai  Bahrum, SE, kepala sekolah SD/ MI se-Kabupaten Langkat, Formalindo Kabupaten Langkat, para Kepala Desa yang hadir serta tamu undangan lainnya. 

Reporter : Kurnia02


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel