Daftar Jalan Tol Gratis Saat Libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024


DikoNews7 -

Pemerintah menyiapkan sejumlah ruas jalan tol baru di Jawa dan Sumatera dalam rangka untuk mendukung kelancaraan arus lalu lintas saat libur natal 2023 dan tahun baru 2024 (Nataru).

Hal tersebut disampaikan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono dalam rapat kerja denga Komisi V DPR RI pada (21/11).

"Di Pulau Jawa ada beberapa tol yang dapat difungsikan saat Nataru. Kita siapkan fungsional juga di Pulau Sumatera apabila diperlukan saat Nataru nanti," kata Basuki dalam rapat kerja dengan Komisi V DPR RI, dikutip melalui laman Youtube Komisi V DPR RI, Minggu (3/12/2023).

Basuki membeberkan sejumlah ruas jalan tol yang siap beroperasi di pulau Jawa diantaranya jalan Tol Jakarta-Cikampek II Selatan seksi 3 Sadang-Kutanegara. Selanjutnya, jalan tol Solo-Yogyakarta ruas Kartasura-Karanganom.

"Lebaran lalu, (fungsional Tol Solo-Yogyakarta) baru sampai Pakis, tapi pada Nataru ini InsyaAllah sampai ke Karanganom sepanjang 13 kilometer," ujarnya.

Sementara, untuk di pulau Sumatera ruas tol yang siap beroperasi fungsional saat Nataru diantaranya ruas Tol Kuala Tanjung-Tebing Tinggi-Parapat, tol Bangkinang-Tanjung Alai, dan Jalan Tol Binjai-Langsa seksi Kuala Bingai-Tanjung Pura.

"Kemudian juga sudah dilakukan pelebaran Jalan Tol Cikampek-Palimanan untuk mengantisipasi dari Cisumdawu km 71 hingga km 85 akan dapat kita manfaatkan untuk Nataru pada H-10," ungkapnya.

Berikut rangkuman daftar 5 tol gratis atau dioperasikan secara fungsional saat libur Nataru 2023 dan 2024:


Tol Jakarta-Cikampek II Selatan seksi 3 Sadang-Kutanegara
Tol Solo-Yogyakarta ruas Kartasura-Karanganom
Tol Kuala Tanjung-Tebing Tinggi-Parapat
Tol Bangkinang-Tanjung Alai
Tol Binjai-Langsa seksi Kuala Bingai-Tanjung Pura

Sebelumnya, Sebanyak tiga ruas tol di wilayah Jabodetabek akan terkena penyesuaian tarif tol mulai Senin, 4 Desember 2023 pukul 00.00 WIB. Ketiga jalan tol yang mengalami kenaikan tarif tol tersebut yakni ruas Jalan Tol Jakarta Outer Ring Road (JORR), Akses Tanjung Priok (ATP) dan Pondok Aren-Ulujami.

Penyesuaian tarif tol ini telah sesuai dengan Keputusan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) No.1604/KPTS/M/2023 tentang Penyesuaian Tarif Pada Jalan Tol Lingkar Luar Jakarta Seksi W1 (Kebon Jeruk-Penjaringan), Seksi W2 Utara (Kebon Jeruk-Ulujami), Seksi W2 Selatan (Ulujami-Pondok Pinang), Seksi S (Pondok Pinang-Taman Mini), Seksi E1 (Taman Mini-Cikunir), Seksi E2 (Cikunir-Cakung), Seksi E3 (Cakung-Rorotan), Jalan Tol Akses Tanjung Priok Seksi E-1, E-2, E-3, NS (Rorotan-Kebon Bawang), dan Jalan Tol Pondok Aren-Ulujami.

Untuk diketahui, ruas Tol JORR, Akses Tanjung Priok dan Pondok Aren-Ulujami dikelola oleh empat badan usaha jalan tol (BUJT). Antara lain, PT Jasa Marga (Persero) Tbk, PT Hutama Karya (Persero), PT Marga Lingkar Jakarta, dan PT Jakarta Lingkar Baratsatu.

Marketing and Communication Department Head Jasamarga Metropolitan Tollroad Panji Satriya mengatakan, keempat BUJT tersebut terus melakukan upaya perbaikan guna meningkatkan pelayanan, memberikan keamanan, kenyamanan dan keselamatan pengguna jalan tol.

"Peningkatan Layanan di bidang transaksi antara lain dengan menyediakan mobile reader untuk mempercepat waktu transaksi, Implementasi dan pengembangan transaksi Single Lane Free Flow (SLFF), dan peningkatan kapasitas transaksi di gerbang tol," jelasnya dalam keterangan tertulis, Sabtu (2/12/2023).

Pada bidang layanan lalu lintas, Panji menambahkan, empat BUJT ini telah melakukan pemasangan Dynamic Message Sign (DMS) pada akses jalan tol dan lajur, pemasangan speed camera dan CCTV, serta pemeliharaan sarana keselamatan lalu lintas dan penyiagaan armada operasional. Terdiri dari mobile customer service, derek, ambulance, rescue dan derek multiguna.

"Sementara dalam hal layanan preservasi telah dilakukan perbaikan dan pemeliharaan jalan tol berupa pekerjaan pemeliharaan periodik (scraping, filling & overlay), pemeliharaan penerangan jalan umum (PJU), pekerjaan beautifikasi dan penataan lansekap, pekerjaan pemeliharaan rambu, Median Concrete Barrier (MCB), guardrail, reflector dan pengaman jalan tol, dan pekerjaan pembuatan tanggul dan saluran," paparnya.

1.Penyesuaian Tarif JORR dan Akses Tanjung Priok dan Jalan Tol Pondok Aren-Ulujami

Gol I: Rp 17.000, yang semula Rp 16.000
Gol II: Rp 25.000, yang semula Rp 23.500
Gol III: Rp 25.000, yang semula Rp 23.500
Gol IV: Rp 33.500, yang semula Rp 31.500
Gol V: Rp 33.500, yang semula Rp 31.500

2.Penyesuaian Tarif Jalan Tol Pondok Aren-Ulujami Segmen Pondok Ranji-Bintaro Viaduct

Gol I: Rp 3.500, yang semula Rp 3.000
Gol II: Rp 5.000, yang semula Rp 4.500
Gol III: Rp 5.000, yang semula Rp 4.500
Gol IV: Rp 6.500, yang semula Rp 6.500
Gol V: Rp Rp 6.500, yang semula Rp 6.500

 

 

 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel