Dalam Pengerjaan, Proyek Hotmix Gang Manggis Sei Lepan Menuai Kritikan Masyarakat


DikoNews7 -

Masyarakat yang tinggal disekitar Gang Manggis, Kelurahan Alur Dua, Kecamatan Sei Lepan, Kabupaten Langkat, Sumut, merasa kecewa dengan pekerjaan proyek jalan hotmix yang saat ini sedang dikerjakan.

Selain tidak ada papan informasi/plank proyek, pemadatan tanah juga tidak dilakukan dan langsung ditimbun batu basecourse (beskos), namun menurut keterangan warga, lapisan batu basecourse yang digunakan tidak sesuai baik dari mutu/kualitas dan ketebalan.

"Ini Proyek Dinas PUPR Kabupaten Langkat Tahun Anggaran 2023, namun kita tidak tau siapa kontraktor pelaksana, karena tidak ada papan informasi disekitar proyek," ucap Atpan salah seorang warga.

Lebih lanjut dirinya mengatakan. Kami melihat kondisi pengaspalan jalan yang berada di Gang Manggis belum sesuai spek yang telah di tetapkan oleh Dinas PUPR Langkat, tentang ketebalan timbunan harus 15 cm dengan mengunakan besecourse tipe A, namun fakta lapangan pihak pekerja atau rekanan mengerjakan timbunan setebal 5 - 7 cm dengan mengunakan besecourse tipe C.

Berkaitan dengan hal tersebut, kami (warga) meminta kepada Dinas PU untuk menegur atau turun kelapangan guna melakukan pengawasan, karena pelaksanaan pengaspalan yang mengunakan anggaran APBD sebesar hampir 400 juta itu tidak sesuai spek yang telah di tetapkan.

"Jika hal ini tidak ada perbaikan oleh rekanan maupun PUPR, maka akan merugikan negara dan tentunya bisa diduga masuk keranah korupsi, untuk itu kita minta pengawasan langsung kelapangan agar proyek yang dikerjakan tepat sasaran dan sesuai bestek yang telah ditentukan," ucapnya menambahkan.

Dari pantauan wartawan disekitar lokasi. Kamis (14/12/2023) siang, terlihat beberapa pekerja sedang menyiram dan meratakan batu basecourse sepanjang lebih kurang 100 meter di Gang Manggis menggunakan alat berat, sementara itu, tidak satupun pihak kontraktor pelaksana proyek yang dapat ditemui untuk dimintai keterangan terkait pekerjaan yang sedang dilakukan. 

Reporter : Kurnia02

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel