Refleksi 1 Periode Masa Kepemimpinan Bupati Zahir-Oky


DikoNews7 -

Pembangunan kabupaten Batu Bara selama satu periode masa kepemimpinan Bupati Ir. H. Zahir. M. AP dan Wakil Bupati Oky Iqbal Frima. SE tersebut ditujukan untuk mengingat lika-liku perjalanan dan capaian pembangunan kabupaten Batu Bara melalui Visi Misi yang digagas Bupati Zahir dan Wakil Bupati Oky yakni Batu Bara "BISA". 

Diketahui, meskipun proses pembangunan kabupaten Batu Bara di masa kepemimpinan Zahir-Oky sempat terhambat akibat Wabah Pandemi COVID-19 selama kurun waktu dua tahun lamanya. Namun, kendala dan hambatan tersebut tidak menyurutkan pasangan Zahir-Oky untuk terus maju dan berupaya membangun kabupaten Batu Bara "BISA ". Hingga akhirnya meraih berbagai prestasi yang membanggakan selama lima tahun masa kepemimpinan Zahir-Oky. 

Tentunya, berbagai capaian prestasi dan apresiasi yang membanggakan tersebut tidak terlepas dari peran serta dukungan dari berbagai pihak, mulai dari jajaran unsur Forkopimda, tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh pemuda hingga berbagai organisasi dan para insan pers. 

Dimomen purna tugasnya sebagai Bupati Batu Bara Periode 2018-2023 tepatnya 27 Desember 2023 kemarin, dirinya menyampaikan permohonan maaf kepada seluruh masyarakat Batu Bara. 

Menjelang akhir jabatannya sebagai kepala daerah, Zahir melakukan penandatanganan Prasasti sebagai tanda diresmikannya kantor Bupati Batu Bara yang baru. 

Selain itu dilakukan pula penandatanganan kesepakatan bersama antara Pemkab Batu Bara dengan Kepala BPJS Kesehatan Cabang Kisaran, dr. Leni Marlina Tiurma Uli Manalu. Tidak hanya itu, Bupati Zahir juga menyerahkan hibah tanah Pemkab Batu Bara kepada Yayasan Masjid Agung Batu Bara. 

Pemerintah kabupaten Batu Bara di masa kepemimpinan Bupati Zahir ke 4 kalinya memperoleh Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksaan Keuangan (BPK) RI terhadap Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Tahun Anggaran (TA) 2021 secara berturut-turut. 

Atas prestasinya, Bupati Zahir menerima penghargaan dari Kementerian Keuangan (Kemenkeu RI) yang diberikan langsung oleh Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Edy Rahmayadi pada kegiatan rapat koordinasi pemerintah daerah dan unit akutansi pembantu pengguna anggaran wilayah tahun 2022 di Aula Tengku Rizal Nurdin. 

Selanjutnya, Anugerah penghargaan tinggi kembali didapatkan oleh sosok Bupati Zahir atas jasa dan kegigihannya dalam membangun daerah kabupaten Batu Bara. Anugerah Penghargaan Indonesia Awards 2021 diterima Bupati Zahir atas kategori Digital Transformasi yaitu penerapan teknologi digital pada pelayanan masyarakat. 

Pada upacara peringatan hari Pramuka ke-61 Gerakan Pramuka Kwartir Daerah Sumatera Utara  yang digelar di lapangan Astaka Jl. Wiliem Iskandar, Medan, Bupati Periode 2018-2023 mendapatkan penghargaan Lencana Darma Bakti, karena dianggap telah berjasa bagi Gerakan Pramuka. 

Sampai saat ini masyarakat di sejumlah desa dan kecamatan di kabupaten Batu Bara telah merasakan dan menikmati sejumlah pembangunan di era kepemimpinan Bupati Zahir, diantaranya pembangunan akses jalan dan jembatan. 

Selain itu, Pemerintahan Kabupaten Batu Bara era kepemimpinan Zahir-Oky sejak dilantik pada 27 Desember 2018 lalu sejumlah pencapaian besar pun ditorehnya diantaranya berhasil menurunkan tingkat kemiskinan dan melakukan pemerataan pembangunan. 

Tak hanya itu, Bupati Zahir saat ini telah tercatat memimpin kabupaten Batu Bara sejumlah pencapaian telah ditorehkan nya dibanyak sektor diantaranya meningkatkan perekonomian. Lajunya peningkatan pertumbuhan ekonomi daerah sudah pasti tidak lepas dari berbagai dorongan program APBD pemerintah Batu Bara. 

Soal menguatkan pertumbuhan di sektor ekonomi di era pemerintahan Zahir-Oky juga terus berupaya besar dalam meningkatkan indek kesejahteraan sosial dengan mengentaskan kemiskinan. 

Reporter : Erwin

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel