Suku Melayu Penduduk Asli di Kabupaten Langkat


DikoNews7 -

Plt Bupati Langkat H.Syah Afandin SH diwakili H. Sukhyar Mulyamin, S.Sos, M.Si Asisten Adm Ekbangsos, menghadiri Seremoni Melayu dalam rangka menyambut hari jadi Kabupaten Langkat ke-274 Tahun 2024. Acara diselenggarakan oleh Dewan Syarikat Melayu Langkat, di Gedung Paripurna DPRD Langkat, Sabtu (13/01/2023).

Asisten Adm Ekbangsos H. Sukhyar Mulyamin, S.Sos, M.Si yang juga Ketua Umum Dewan Syarikat Melayu Langkat menyampaikan, Kabupaten Langkat sebentar lagi akan merayakan hari jadinya yang ke -274 tepatnya pada tanggal 17 Januari 2024.

Masyarakat Melayu di Kabupaten Langkat berjumlah ±147.785 jiwa atau  ±36.946 kepala keluarga atau 15,04 % dari ± 1,2 juta jiwa penduduk di Kabupaten Langkat.

Di tanah Melayu ini, berbagai macam etnis budaya hidup rukun dan damai antar sesamanya dan tetap menghormati kearifan tatanan adat istiadat yang menjadi ke eratan dalam kehidupan bernegara dan bermasyarakat.

"Etnis Melayu adalah tuan rumah suku asli yang menghuni dan mengembangkan daerah ini menjadi suatu daerah dibawah pemerintahan kesultanan Langkat yang kaya raya, jauh sebelum Indonesia Merdeka dan disaat Indonesia Merdeka dengan Bupati pertama Langkat Tengku Amir Hamzah yang menjadi Pahlawan Nasional," terang Mulyamin.

Sementara itu, laporan ketua panitia Ilham Iskandar Zeen menyampaikan .Kegiatan ini di selenggarakan dalam rangka menyambut peringatan hari jadi langkat ke-274. Kami berharap kegiatan ini dapat di selenggarakan setiap tahunnya untuk menyambut hari jadi Langkat kedepannya.

Ini di selenggarakan untuk membangkitkan kembali spirit kesultanan di langkat, yang merupakan kesultanan tersohor dan tertua di Sumatra Timur pada masanya.

"DSML Sebagai perwakilan masyarakat melayu melalui kebijakan di Kabupaten Langkat adalah sebuah lembaga berpikir yang akan mengawal kebijakan pembangunan berbasis kebudayaan," sebutnya.

Acara juga dihadiri. Sultan Langkat Azwar Abdul Jalil Rahmad Shah, Wakil Ketua Dewan Syarikat Melayu Langkat Drs. Rudi Kinandung,M.Si, Perwakilan Sultan Aceh Tamiang, Perwakilan Sultan Deli, Perwakilan Sultan Serdang Bedagai, Para Ketua organisasi Melayu Langkat, tokoh agama dan tokoh masyarakat. 

Reporter : Kurnia02

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel