Unras Formagap Minta Pj Bupati Batu Bara Copot Kadis Sejuta Masalah


DikoNews7 -

Aksi unjuk rasa yang tergabung di Forum Mahasiswa Gabungan Pemuda (Formagap) saat berorasi di depan kantor Bupati Batu Bara Jln Lintas Sumatera, Senin (15/01/2024).

Dalam aksi demontrasi minta Pj Bupati Batu Bara copot Kepala Dinas Pemuda, Olahraga, Budaya dan Pariwisata (Disporabudpar) kabupaten Batu Bara dari jabatannya.

Sedikitnya sekitar belasan demontrasi yang menamakan dirinya Formagab beriringan masuk ke pekarangan depan kantor Bupati Batu Bara dengan membawa pelantang suara dan poster bertulisan "Copot Kepala Dinas Disporabudpar Batu Bara, Kadis Sejuta Masalah", berjalan perlahan massa aksi menyuarakan aspirasi pendemo.

"Disporabudpar kabupaten diduga banyak menimbulkan masalah yang bersifat merugikan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Batu Bara dan pemuda, khususnya atlet. Ia menilai hal itu karena buruknya integritas dan kinerja Kadisporabudpar kabupaten Batu Bara, " lantang sang orator.

Dari ruang terbuka, lanjut orator aksi Formagap, Ikem menyampaikan tuntutan, 1).dalam beberapa kegiatan yang dilakukan oleh Disporabudpar kabupaten Batu Bara tidak dirasakan oleh pemuda dan terkesan hanya untuk kepentingan segelintir orang.

2). Kemudian, mundurnya club sepak bola Batu Bara dalam dekapan besar liga 3 dengan alasan krisis finansial.

3). Kurangnya perhatian terhadap atlet-atlet di kabupaten Batu Bara.

Ditegaakan Ikem, kami menilai Disporabudpar kabupaten Batu Bara tidak menjalankan apa yang telah diperintahkan oleh Undang-Undang No. 3 tahun 2005 tentang sistem ke olahragaan nasional.

Disamping itu, kami juga menduga adanya dugaan korupsi pada pengadaan barang dan jasa maupun jasa konsultan  yang ada pada Disporabudpar kabupaten Batu Bara, sehingga mengakibatkan kerugian negara. Mulai dari pengadaan mesin kapal, rehab kapal, pembelian speedboat maupun jasa konsultan mangrove.

Maka kami minta kepada Pj. Bupati Batu Bara untuk mencopot Kadis yang hari ini kami beri nama sebagai " Kadis Sejuta Masalah, ucap orator.

Di katakan Ikem, aksi ini dilakukan agar ke depan pemuda maupun atlet-atlet di kabupaten Batu Bara dapat berkiprah di luar daerah dengan mengharumkan nama Batu Bara, tutur Ikem dalam orasinya.

Pantauan awak media, tampak juga puluhan petugas kepolisian Polres Batu Bara dan Satuan Polisi Pamong Prajan( Satpol PP) kabupaten Batu Bara diturunkan guna menjaga proses aksi unjuk rasa berjalan tertib.

Tidak lama massa menyampaikan aspirasinya di depan kantor Bupati Batu Bara, demonstran akhirnya di terima oleh Asisten I Setdakab Batu Bara, Russian Heri menyampaikan keperdulian Pemkab Batu Bara terhadap pemuda dan olahraga.

"Oleh karena itu, besok pada Selasa 16/01/2024 kami akan memanggil Kadisporabudpar kabupaten Batu Bara untuk menjawab tuntutan Formagap, " tukas Russian Heri.

Reporter : Erwin

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel