Diduga Korupsi, Kades Tanjung Parapat Dilaporkan ke Polres Batu Bara


DikoNews7 -

Lagi-lagi pejabat publik dilaporkan ke Aparat Penegak Hukum (APH) Polres Batu Bara oleh penggiat Laskar Merah Putih adalah Kepala Desa (Kades) Tanjung Parapat, kecamatan Laut Tador, kabupaten Batu Bara yang diduga menggunaan Dana Desa (DD).

Dalam kasus ini, Ketua Laskar Merah Putih kabupaten Batu Bara Budi Harahap SH bersama M Azwar resmi laporkan Kades Tanjung Parapat ke Polres Batu Bara terkait dugaan korupsi.

Menurut keterangan M Azwar mengatakan, materi laporan berkaitan dengan Undang-Undang No.6 tahun 2014 tentang Desa, Undang-Undang No.31 tahun 1999 sebagaimana diubah dengan No.20 tahun 2022 tentang pemberantasan tindakan pidana korupsi, Peraturan Menteri Desa PDTT No.7 tahun 2021 tentang prioritas penggunaan Dana Desa (DD) tahun 2023.

Peraturan Menteri No.43 tahun 2018 tentang peran serta masyarakat dan pemberian penghargaan dalam pencegahan dan pemberantasan tindak pidana korupsi, tuturnya.

"Berdasarkan peraturan tersebut, maka bersama dengan ini kami melihat telah terjadi dugaan indikasi tindak pidana korupsi pada penggunaan anggaran DD tahun 2022 & 2023 di Desa Tanjung Parapat," sebut Azwar kepada awak media, Rabu (21/02/2024).

Ironisnya, pada tahun 2022 berdasarkan Rincian Kerja Anggaran (RKA) Desa Tanjung Parapat mengalokasikan anggaran sebesar 87 juta pada program Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) yang mana peningkatan produksi peternakan atau alat produksi peternakan, kandang dan lain-lain.

Ada pun berdasarkan investigasi dilapangan ditemukan dugaan kuat sapi tersebut tidak disalurkan kepada masyarakat Desa Tanjung Parapat.

Hal ini didapat ketika tim Laskar Merah Putih melakukan wawancara di kantor desa bersama beberapa Kepala Dusun (Kadus) dan perangkat desa.

Salah satu Kadus mengatakan, tidak mengetahui pengadaan itu, kami tidak mengetahui adanya pengadaan sapi tersebut.

Selanjutnya, tim Laskar Merah Putih menuju ke rumah Kades Tanjung Parapat menindaklanjuti terkait pengadaan sapi, namun yang menjawab istri Kades, tutur Azwar.

Azwar pun bersama tim kuasa hukumnya melaporkan Kades Tanjung Parapat ke Polres Batu Bara dengan beberapa materi laporan dugaan korupsi dan dugaan sejumlah proyek fiktif di desa tersebut.

Reporter : Erwin

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel