Resmikan 2 Ruas Tol Trans Sumatera, Presiden : Konektivitas Menuju Kawasan Pariwisata


DikoNews7 -

Secara langsung Presiden Joko Widodo meresmikan jalan tol ruas Kuala Tanjung-Tebing Tinggi-Parapat seksi Tebing Tinggi-Inrapura dan jalan tol ruas Indrapura-Kisaran seksi Indrapura-Lima Puluh di Gerbang Tol Lima Puluh, kabupaten Batu Bara, Rabu (07/02/2024). 

Presiden menyampaikan bahwa jalan tol Tebing Tinggi-Indrapura memiliki panjang ruas 20,4 kilometer dan jalan tol seksi Indrapura-Lima Puluh memiliki panjang 15,6 kilometer. 

"Kedua tol ini merupakan bagian dari jalan tol Trans Sumatra. Jalan tol Tebing Tinggi-Indrapura dengan panjang ruas 20,4 kilometer dengan biaya Rp. 3,06 triliun dan jalan tol seksi Indrapura-Lima Puluh dengan panjang 15,6 kilometer dengan biaya Rp. 1,67 triliun, " sebut Presiden.

Presiden Jokowi menuturkan bahwa keberadaan ruas jalan tol tersebut akan meningkatkan konektivitas menuju kawasan pariwisata dan kecepatan logistik. Untuk itu, Presiden menilai bahwa keberadaan jalan tol tersebut akan mendorong pertumbuhan ekonomi sekitar. 

Presiden juga mengatakan, kedua ruas jalan ini akan meningkatkan konektivitas kawasan ke kawasan pariwisata di Danau Toba, kemudian juga meningkatkan kecepatan logistik ke Pelabuhan Kuala Tanjung, dan juga yang berkaitan dengan KEK Sei Mangkei ini kita harapkan juga akan  cepat bisa berkembang. 

Kepala Negara meyakini bahwa dengan pembangunan jalan tol tersebut akan meningkatkan kunjungan wisatawan dan menarik investor untuk mengembangkan potensi yang ada di Provinsi Sumatera Utara. 

"Makin banyak investor yang akan mengembangkan berbagai potensi yang ada di Provinsi Sumatera Utara, juga meningkatkan kunjungan wisata destinasi super prioritas di Danau Toba dan sekitarnya, serta mengefisienkan biaya logistik ke Pelabuhan Kuala Tanjung dan KEK Sei Mangkei, " ujar Kepala Negara. 

Lebih lanjut, Presiden Jokowi berharap keberadaan jalan tol tersebut akan meningkatkan  daya saing daerah, serta menciptakan pertumbuhan ekonomi baru. 

Kita harapkan dengan jalan tol ini akan terjadi peningkatan saya saing daerah, mendorong tumbuhnya usaha-usaha baru dan menciptakan lapangan kerja yang sebanyak-banyaknya, tukas Kepala Negara. 

Turut mendampingi Presiden dalam peresmian itu Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Pj. Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Hassanudin, Bupati Serdang Badagai Darma Wijaya, Bupati Simalungun Radiapoh Hasiholan Sinaga, Bupati Asahan Surya, Pj. Bupati Batu Bara Nizhamul, Pj. Wali Kota Tebing Tinggi Syarmadani, Direktur PT. Hutama Karya Budi Harto dan Direktur Utama PT. PP Novel Arsyad, Para Unsur Forkopimda dan juga para Kepala OPD Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Batu Bara. 

Reporter : Erwin

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel