Kalapas Labuhan Ruku : Warga Binaan Dilatih Miliki Keterampilan Budidaya Ikan Air Tawar


DikoNews7 -

Kepala Lembaga Pemasyarakatan (Kalapas) Kelas IIA Labuhan Ruku Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sumatera Utara, Alexander Lisman Putra secara resmi menutup kegiatan pelatihan keterampilan Budidaya Ikan Air Tawar, Jum'at (01/03/2024).

Penutupan kegiatan pelatihan ini bertempat di Aula Lapas Kelas IIA Labuhan Ruku. Kegiatan yang bekerjasama dengan Dinas Perikanan dan Peternakan kabupaten Batu Bara ini dengan pesertanya 20 orang Warga Binaan Lapas Labuhan Ruku. Pelatihan berlangsung selama 5 hari mulai tanggal 26 Februari hingga 1 Maret 2024.

Pelepasan tanda peserta dan pemberian sertifikat pelatihan secara simbolis oleh Kalapas Labuhan Ruku dan Kepala Dinas Perikanan dan Peternakan Kabupaten Batu Bara kepada perwakilan peserta pelatihan budidaya ikan Air Tawar. Dengan diserahkannya sertifikat tersebut diharapkan dapat berguna dalam dunia kerja nanti khususnya dalam budidaya ikan tawar.

Kalapas Kelas IIA Labuhan Ruku, Alexa dalam sambutan mengatakan, ada pun tujuan dilaksanakan pelatihan Budidaya Ikan Air Tawar ini adalah sebagai bentuk pembinaan Lapas Labuhan Ruku kepada para Warga Binaannya.

Diharapkan dari pelatihan ini Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) yang mengikuti pelatihan dapat menguasai dan menjadi bekal ketika mereka keluar nanti serta dapat meneruskan ilmunya kepada WBP lain dan juga masyarakat nantinya, harap Kalapas.

Dirinya juga berharap, dengan adanya Budidaya Ikan Tawar di dalam Lapas, kerjasama dan hubungan Lapas Labuhan Ruku dengan Dinas Perikanan dan Peternakan kabupaten Batu Bara akan semakin erat.

"Terima kasih kepada Dinas Perikanan dan Peternakan kabupaten Batu Bara atas bantuan dan kerjasamanya dalam memberikan pelatihan kepada Warga Binaan Lapas Labuhan Ruku, " ungkap Alexa.

Sementara itu, Kepala Dinas Perikanan dan Peternakan, Antoni Ritonga menyampaikan bahwa pihaknya sangat senang dapat bekerjasama dengan Lapas Labuhan Ruku dalam hal pemberian pelatihan pembinaan keterampilan dibidang Budidaya Ikan Air Tawar.

Kami dari Dinas Perikanan dan Peternakan merasa sangat senang untuk bekerja sama ini. Semoga ilmu yang kami berikan dapat bermanfaat dan diaplikasikan di tempat masing-masing. Dengan Sumber Daya Alam (SDA) yang melimpah dan dengan ilmu yang didapatkan bisa diaplikasikan di tempat kalian, terutama kegiatan budidaya ikan, beber Antoni kepada Warga Binaan yang telah usai mengikuti pelatihan.

Kegiatan ditutup dengan foto bersama Kalapas Labuhan Ruku, Dinas Perikanan dan Peternakan dan seluruh pegawai Lapas Labuhan Ruku dan WBP yang mengikuti pelatihan.

Reporter : Erwin

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel