Miniatur Ka'bah Rusak, Proyek Drainase Sekeliling Kantor Bupati Batu Bara Menuai Tanda Tanya


DikoNews7 -

Proyek pembangunan tempat manasik haji dan Miniatur Ka'bah yang berada di lingkungan perkantoran Bupati Batu Bara di Jalinsum Kelurahan Lima Puluh Kota, kecamatan Lima Puluh, kabupaten Batu Bara, diduga menelan APBD-Perubahan TA. 2023 dengan anggaran 200 juta, tuai kritikan.

Pasalnya, pembangunan tempat manasik haji tersebut terletak di sebelah kiri jalan pintu masuk ke perkantoran Bupati Batu Bara, sejumlah keramik sudah mengalami pecah pada bagian dinding, siku bangunan dan begitu juga sejumlah keramik di Miniatur Ka'bah juga pecah-pecah.

Menurut pemerhati Wappress sejumlah kontraktor (pemborong) baru-baru ini mendatangi kantor Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (PUTR) di Desa Gambus Laut, kecamatan Lima Puluh Pesisir, Kamis (21/03/2024) belum di bayarnya kegiatan sejumlah kontraktor tersebut.

Kedatangan sejumlah pemborong di kantor apa alasan Pemerintah kabupaten (Pemkab) Batu Bara belum membayarkan kegiatan mereka.

Sementara itu, salah seorang elemen masyarakat kabupaten Batu Bara, Hendra Amarah mengatakan, sangat kecewa dengan hasil pengerjaan pembangunan tempat manasik haji di lingkungan perkantoran Bupati Batu Bara tersebut patut dipertanyakan.

Menurutnya, diduga anggaran APBD TA 2023 yang dikucurkan senilai 200 juta untuk pembangunan tempat manasik haji sangat fantastis dan hasilnya tidak sesuai harapan masyarakat.

Dikatakannya, Pemkab Batu Bara hanya menghambur-hamburkan uang rakyat untuk bangunan tempat manasik haji yang diduga sarat Kolusi Korupsi dan Nepotisme (KKN).

Kerusakan yang terjadi apakah ada unsur kesengajaan untuk mencari perhatian dan atau ada unsur kesengajaan dirusak oleh OTK, tanya Hendra.

Di lansir dari detiknews86. com, yang anehnya lagi ketika Kadis PUTR Batu Bara, Kurnia diklarifikasi terkait pagu anggaran, penyedia, dan papan informasi (Plank) proyek, justru mengatakan, ya, ampun, siapa orang yang merusak itu bang, tanya Kadis, dan sudah selesai pembangunanya, tapi itu belum dibayar, balasan dari chatan nomor pribadinya.

Kembali diulang lagi klarifikasi, apa nama kegiatan itu, berapa anggarannya, siapa penyedia, dan plank proyek tidak terpasang di lokasi kegiatan, namun Kadis PUTR belum memberi jawaban terkait proyek fantastis untuk bangunan tempat manasik haji tersebut.

Awak media mencoba mencari informasi bangunan manasik haji yang sejumlah keramik nya pecah tersebut, diduga jasa konsultan perencanaan pekerjaan pembangunan Miniatur Ka'bah tempat manasik haji dengan pagu anggaran senilai Rp. 5.714.286.00 harga penawaran Rp. 5.600.000.00, penyedia CV. Wastu Cipta Consultant alamat Jl. Pasar III Musholla No. 07 lingkungan X Kelurahan Lalang, kecamatan Medan Sunggal.

Informasi beragam pun di dapat seperti jasa konsultan pengawas pekerjaan pembangunan tempat manasik haji senilai Rp 3.809.524.00 HPS (belum di ketahui / tidak tersedia di LPSE), untuk harga penawaran kontrak Rp 3.700.000.00, Penyedia CV Wastu Cipta Consultant alamat Jl. Pasar III Musholla No. 7 lingkungan X Kelurahan Lalang, kecamatan Medan Sunggal.

Dengan begitu, penyedia dan alamat jasa konsultan perencanaan dan pengawasan pekerjaan adalah Perusahaan yang sama yaitu CV. Wastu Cipta Consultant dengan alamat yang sama juga yaitu Jl. Pasar III Musholla No. 7 lingkungan X Kelurahan Lalang, kecamatan Medan Sunggal.

Tidak sampai disitu saja, awak media mencoba cari tahu terkait proyek pembangunan drainase sekeliling lokasi perkantoran Bupati Batu Bara (BKP) bersumber dari APBD TA.2023 diduga menelan anggaran senilai Rp. 1.388.517.757.00, HPS Rp 1.385.681.563.36, harga penawaran kontrak Rp 1.374.576.977.94, Penyedia Cakra Mandiri Kontruksi, NPWP 50.673.395.5-115.000, alamat Jl. Satar Dusun Sawo III kabupaten Batu Bara.

Terkait, jasa konsultan perencanaan pembangunan drainase sekeliling perkantoran Bupati Batu Bara diduga menelan anggraan senilai Rp 176.936.768.00 HPS. Harga penawaran kontrak dan penyedia serta NPWP maupun alamat diduga belum diketahui karena tidak tersedia di LPSE.

Begitu juga terkait, jasa konsultan pengawasan pembangunan drainase sekeliling perkantoran Bupati Batu Bara diduga dengan anggaran sebesar Rp 55.540.710.00 HPS. Sedangkan harga penawaran kontrak dan penyedia serta NPWP maupun alamat belum diketahui tidak tersedia di LPSE.

Reporter : Erwin

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel