GAM BB Minta Pj Bupati Batu Bara Stop Kegiatan Disdik & Bubarkan K3S


DikoNews7 -

Tim Gabungan Awak Media Batu Bara (GAM BB) temukan adanya dugaan penyalahgunaan jelang akan adanya pengukuhan dan rotasi Kepala sekolah (Kepsek) tingkat sekolah dasar di lingkup Dinas Pendidikan (Disdik) kabupaten Batu Bara, menyusul ramainya sas sus dugaan di minta uang. 

Sas-sus dugaan pungutan sebelum dilaksanakan pengukuhan dan rotasi para kepsek ada anggaran yang diminta untuk pengukuhan berkisar Rp 3 juta dan bagi yang rotasi berkisar Rp 15 hingga 20 juta. 

Dan informasi yang didapat Tim GAM BB anggaran tersebut akan dibayarkan. 

Informasi tersebut bermula saat Tim GAM BB melakukan konfirmasi ke berapa kepsek yang enggan menyebutkan namanya terkait dugaan pungutan tersebut.

Ya, saya ikut rapat Kelompok Kerja Kepala Sekolah (K3S) kecamatan untuk verifikasi dan diminta biaya pengukuhan diduga berkisar Rp 3 juta, sebut sumber. 

Saat ditanya lebih jauh uang itu untuk biaya apa saja, katanya sih untuk biaya pengukuhan dan rotasi kepala sekolah, tutur sumber. 

Sementara itu, Ketua Gabungan Awak Media Batu Bara (GAM BB) Amin, menyesalkan Disdik kabupaten Batu Bara diduga minta uang kepada para kepsek jelang akan adanya pengukuhan dan rotasi.

GAM BB sangat menyesalkan dugaan pengutipan tersebut terjadi, karena secara tidak langsung diduga mengajari kepala sekolah menjadi koruptor, ucapnya. 

Untuk itu, Ketua GAM BB berharap kepada Pj. Bupati Batu Bara untuk segera mengevaluasi kinerja Plt. Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) kabupaten Batu Bara. 

Selain itu, GAM BB juga minta kepada APH, KPK, BPK RI / BPKP RI Perwakilan Sumatera Utara (Sumut) untuk segera melakukan pemeriksaan yang ketat terhadap pertanggungjawaban dan Bantuan Operasional Sekolah (BOS) di lingkup Disdik Batu Bara. 

Dikatakannya, selain itu ada juga dugaan pengutipan senilai Rp. 3.000.000 dengan dalih kegiatan Bimtek yang kemungkinan akan dilaksanakan akhir Mei 2024.

Ditegaskan Amin, PJ. Bupati Batu Bara segera mengevaluasi Plt. Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) kabupaten Batu Bara diduga tak mampu meredam carut marutnya dunia pendidikan mulai dari isu banyaknya rekanan yang berjualan dengan memanfaatkan dan BOS seperti spanduk Hardiknas dan lain sebagainya. 


Dikonfirmasi Plt. Kadisdik Batu Bara Elpandi. S. Ag. M. H, Selasa (21/05/2024) melalui pesan whatsApp nya 0813 6226  xxxx sekitar pukul 13.35 Wib dan pukul 14.15 Wib sulit untuk dihubungi alias memanggil. Sehingga berita ini dimeja redaksi belum ada keterangan resmi dari Plt. Kadisdik Batu Bara. 

Reporter : Erwin

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel