Diduga Rem Tidak Berfungsi, Truck Fuso Bermuatan Keping Panel Beton Terbalik


DikoNews7 | Tanggamus - 

Truck fuso bermuatan keping panel beton terguling di Jalan Lintas Barat (Jalinbar) Km 89 - 90 Pekon Kagungan Kecamatan Kota Agung Timur Kabupaten Tanggamus, Rabu, 18 September 2019 pagi.

Akibatnya kecelakaan out control tersebut, truck Nopol BE 8411 CS menabrak 1 tiang listrik dan dua rumah warga milik Hasnuri (33) dan Hazani (60) sehingga mengalami kerusakan.

Truck itu sendiri dikemudikan Winarto (41) warga Desa Banjar Negri Kecamatan Natar, Lampung Selatan mengalami luka robek kepala belakang, luka robek pada dagu, keadaan sadar.

Adapun penumpangnya bernama Ifan Efendi (32) warga Desa Tegineneng Kec. Tegineneng, Pesawaran mengalami luka robek siku dan luka robek punggung dalam kondisi sadar.

Kemudian, Hutmasofa (37) warga Desa Rejomulyo Kec. Natar, Lampung Selatan mengalami luka robek kepala atas, luka robek punggung, kondisi sadar. Lalu, Suhada (45) warga Desa Patmosari Kec. Natar, Lampung Selatan mengalami luka robek terbuka kepala belakang, kondisi sadar

Sedangkan warga penghuni rumah berjumlah 3 orang adalah Sumiyati (25), Sutini (27), keduanya adalah ibu rumah tangga (IRT) dan balita Ahmad Haidar yang berusia 8 bulan.

Selanjutnya atas kejadian tersebut seluruhnya dievakuasi ke RSUD Batin Mangunang Kota Agung Kabupaten Tanggamus.

Kasat Lantas Polres Tanggamus AKP Yuniarta, SH mengatakan, truk Fuso beromor polisi BE 8411 CS bermuatan panel beton melaju dari arah Pringsewu menuju Kotaagung. Lantaran beban muatan yang berat, ditambah kondisi Jalinbar yang menurun panjang lalu menikung cukup tajam, diduga membuat rem truk yang dikemudikan Winarto (45) tidak berfungsi (blong).

Akhirnya truk hilang kendali lalu menghantam bagian depan dua rumah warga yang letaknya tepat di sisi tikungan, kemudian terguling. Sebelumnya truk juga sempat menabrak satu tiang saluran telepon.

"Jadi memang laka tunggal, bukan laka yang melibatkan dua kendaraan. Korbannya memang ada beberapa orang, mulai dari sopir dan kernet truk, pemilik rumah, termasuk bayi. Mereka mengalami luka-luka, tetapi tidak ada yang sampai meninggal dunia," kata AKP Yuniarta dalam keterangannya mewakili Kapolres Tanggamus AKBP Hesmu Baroto, SIK. MM.

Kendati laka tunggal terjadi di jalur protokol, namun kasat lantas menegaskan peristiwa itu tidak sampai membuat arus lalu lintas tersendat.

Pihaknya, setelah menerima laporan adanya laka tunggal, segera melakukan Olah Tempat Kejadian Perkara (TKP). Kemudian dibantu personel Babinsa Koramil 424-03/Kotaagung dan warga sekitar lokasi, para korban segera dilarikan ke rumah sakit.

Kesempatan itu Kasat Lantas mengimbau kepada para pengendara yang melintas di Jalinbar mulai dari Pekon Kampungbaru (gerbang masuk kantor Pemkab Tanggamus) sampai Pekon Kagungan, agar meningkatkan kewaspadaan dan kehati-hatian.

Sebab pada ruas tersebut, kondisi Jalinbar menurun panjang lalu menikung ke kanan. Terlebih bagi para pengemudi truk-truk besar yang mengangkut muatan berat. Sebab pada lokasi laka tunggal itu, kerap kali terjadi truk terguling bahkan sampai menabrak rumah warga.

"Kami imbau para pengendara untuk meningkatkan kewaspadaan saat melintasi ruas Jalinbar yang menurun itu, agar tidak terjadi lagi peristiwa serupa," himbaunya.

Reporter : Rudi
Editor :








Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel