DPD SPRI Gelar KPI Bersama Pimpinan Media Online, Cetak dan Elektronik

DikoNews7 | Medan - 

Dewan Pimpinan Daerah Serikat Pers Republik Indonesia (DPD SPRI) Provinsi Sumatera Utara rencananya melaksanakan Kemah Pers Indonesia (KPI) yang telah memasuki tahapan penetapan waktu pelaksanaan dan penjaringan peserta KPI.
Tim pelaksana KPI akan melibatkan unsur jurnalis, pemimpin redaksi dan pemimpin perusahaan media cetak, online dan elektronik dari seluruh Indonesia ini yang sebelumnya direncanakan pada akhir Oktober 2019.
Namun, keputusan KPI dilaksanakan pada 14-16 November 2019. Hal tersebut  di putuskan dalam rapat Tim Pelaksana KPI pekan lalu. Kata Sekretaris DPD SPRI Sumut Otti Batubara.
Otti menjelaskan, pihaknya telah menetapkan waktu pelaksanaan KPI dikarenakan Kemah Pers Indonesia di laksana selama 3 hari di lokasi di Taman (Geosite) Sipinsur, Kabupaten Humbang Hasundutan sebagai titik kumpul para peserta.
“Kami telah menetapkan waktu pelaksanaan Kemah Pers Indonesia selama tiga hari tiga malam, dari tanggal 14 hingga 16 November 2019, yang berpusat di Geosite Sipinsur, Kabupaten Humbahas (Humbang Hasundutan),” sebutnya usai rapat persiapan pelaksanaan KPI di Keude Kupie Uleekareng & Gayo di Jalan AH Nasution, Kota Medan, Senin (30/9) lalu.



Otti menambahkan, penetapan waktu pelaksanaan ini disepakati setelah DPD SPRI Sumut mendapat rekomendasi dukungan dari General Manager (GM) Badan Pengelola Geopark Kaldera Toba (BPGKT) yang ditanda tangani Dr Hj Hidayati MSi.
“Kami bangga dengan ide pelaksaan Kemah Pers Indonesia yang kami gagas, karena mendapat sambutan sekaligus dukungan dari Badan Pengelola Geopark Kaldera Toba yakni ibu Hidayati selaku GM Geopark Kaldera Toba,” ucap Otti.
Sambungnya, dukungan GM BPGKT merupakan sebuah penghormatan terhadap pelaksanaan Kemah Pers Indonesia yang digagas SPRI. 

Jadi, untuk mewujudkan pelaksanaan Kemah Pers Indonesia di Geosite Kaldera Toba, timnya telah melakukan survei ke Geosite Sipinsur yang akan dijadikan sebagai titik kumpul pelaksanaan KPI, Sabtu (21/9/2019) lalu.
Dirinya mengklaim pelaksanaan KPI akan berlangsung di 4 geosite yang masuk dalam kabupaten Humbahas dan Kabupaten Tobasa, Sumatera Utara.
“Empat Geosite di 2 kabupaten yang kami jadikan sebagai lokasi untuk dikunjungi peserta KPI. Seperti Geosite Muara dan Geosite Taman Eden di Kabupaten Tobasa serta Geosite Bakkara dan Geosite Sipinsur keduanya di Kabupaten Humbahas,” bebernya.
Sementara, untuk lomba Karya Tulis dan Api Unggun, Kemah Pers Indonesia juga membentuk tim pelaksana untuk melakukan lomba karya tulis jurnalistik dan foto jurnalistik tentang Geosite Kaldera Toba di empat titik KPI terhadap peserta.
Dan, hasilnya akan dinilai juri profesional di bidang jurnalistik. Peserta terbaik akan mendapatkan hadiah uang tunai dari sponsor dan tropi dari panitia pelaksana.
Selanjutnya, pada malam pertama pelaksanaan KPI akan dilakukan pembakaran Api Unggun dan pemutaran film latar belakang terjadinya gempa Volcano di Gunung Toba yang terjadi pada ribuan tahun yang lalu. Tandasnya.

Reporter : Asn
Editor : Sapta

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel