-->
MWFcLWN8MqpcNWt5NqpdNqB8M6MkyCYhADAsx6J=
MASIGNCLEANLITE103

Mengingat Hari Lingkungan Hidup, Kapolres Batubara Bersama Pemkab Tanam Sejuta Pohon


DN7 | Batubara - 

Kapolres Batubara dan Pemkab Batubara gagas penanaman pohon bakau (Manggrove) di pesisir pantai perupuk kec.Datuk Lima Puluh Pesisir berlokasi di pantai sejarah, Jum'at (10/1/2020) dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup dengan giat menanam sejuta pohon di Kab.Batubara.

Hadir dalam pelaksanaan hari lingkungan hidup bersamaan penanaman sejuta pohon untuk mengantisipasi kerusakan biota laut dan alam pesisir pantai sebagai benteng pertahanan tanah dari Erosi dan Abrasi kehidupan biota laut dan Bumi yakni, DPRD, TNI, Ormas, OPD, Perangkat desa Perupuk, Tokoh masyarakat serta jajaran Polres dan Polsek Se-Kab.Batubara.

Kegiatan penenaman sejuta pohon dalam memperingati hari lingkunagan hidup biasanya manusia melakukan hal-hal yang kecil tetapi berdampak besar. Banyak sekali faktor yang menyebabkan hutan hilang dan pohon berkurang. 

Faktor mentalitas manusia adalah salah satunya. Misalnya, menyalahgunakan hutan akibat keserakahan dengan melakukan penebangan secara liar atau membakar hutan, dan tanpa sadar dampak yang ditimbulkan sangat besar sekali.

Salah satu akibat dampak kegundulan hutan pantai adalah erosi yang merupakan pengikisan permukaan tanah oleh aliran air, sedangkan abrasi merupakan pengikisan permukaan tanah akibat hempasan ombak laut. 

Hutan mangrove memiliki akar yang efisien dalam melindungi tanah di wilayah pesisir sehingga dapat menjadi pelindung pengikisan tanah akibat air. ini merupakan salah satu manfaat dari pohon mangrove

Menurut Kapolres Batubara AKBP H. Ikhwan Lubis SH MH perlu nya menanam Manggrove di bibir pantai dalam upaya melestarikan alam dan pencegahan Abrasi dan Erosi yang dapat mengakibat kan kerusakan pada alam dan kehidupan manusia sekitar nya dengan tema "Selamatkan Bumi Kita Untuk Anak Cucu Kita"

Hal dikatakan Kapolres Batubara AKBP Ikhwan Lubis dalam acara penanaman pohon mangrove bersama TNI Polri, Forkopimda dan masyarakat Kabupaten Batubara dipantau sejarah Kecamatan Lima Puluh persisir Kabupaten Batubara "Selamatkan bumi kita untuk anak cucu"

Ia mengatakan,penanaman pohon ini melanjutkan perintah Bapak Kapolri Jenderal Pol Idam Aziz, mengintruksikan jajaran agar giat dan gencarkan penanaman pohon / penghijauan baik dilingkungan kesatuan asrama dan wilaya hukum masing masing.

Apabila kawasan hutan terpelihara dengan baik,dan lahan yang ditumbuhi pepohonan akan berfungsi sebagai pelindung bagi lahan disekitarnya, demikian lahan tersebut berfungsi dengan baik dalam menata air untuk daya serapan,ujarnya

Dalam kesempatan ini Bupati Batubara Ir Zahir yang diwakilkan Asisten I dan didampingi Asisten II Sahala Nainggolan dan Rusian Heri mengatakan kepada Kapoldasu ia sebagai promoter gerakkan penanaman mangrove diwilayah Pemerintah Kabupaten Batubara yang dilakukan oleh pihak polres Batubara dalam hal ini dipimpin AKBP Ikhwan Lubis

Penanaman pohon mangrove merupakan bentuk kecintaan dan kepedulian kita terhadap bumi dimana kita berada untuk masa depan generasi kita karena yang kita miliki ini tidak boleh dianggap sebagai generasi warisan nenek moyang,yang harus segera merehabilitas kawasan hutan yang masih baik,

Sahala Nainggolan juga mangatakan,sumber daya hutan dan lingkungan hidup ini juga merupakan bagian tidak terpisahkan dari pembangunan ekonomi, pembangunan sosial dan pembangunan budaya bangsa. Dan kami harapkan kegiatan ini sebagai motivasi dan pemihakan terhadap kelestarian hutan dan lingkungan. (Aswat)

Editor : Sapta
Share This Article :
Dikonews7
4518356910882902657