MWFcLWN8MqpcNWt5NqpdNqB8M6MkyCYhADAsx6J=
MASIGNCLEANLITE103

Bupati Batu Bara : Dengan Ber-Qurban Tingkatkan Rasa Kebersamaan Dalam Keberagaman



DN7 | Batubara - Bupati Batu Bara, Ir. H. Zahir, M. AP mengharapkan dengan ber Qurban kita tingkatkan rasa kebersamaan dalam keberagaman. Hal tersebut di katakan Zahir dalam sambutannya yang di sampaikan Sekdakab Sakti Alam Siregar, S.H., bertempat di lapangan Bola Kaki Lima Puluh Kamis (30/07/2020).

Zahir mengatakan bahwa tahun 2020 M/1441 H ini ada 38 ekor hewan Qurban berupa Lembu yang bersumber dari OPD se Kabupaten Batu Bara yang diberikan kepada masyarakat melalui lembaga dan kelompok organisasi masyarakat yang membituhkannya. Semua hewan Qurban dinyatakan layak untuk dikomsumsi karena sebelumnya telah dilakukan pemeriksaan kesehatan oleh dokter hewan, sebut Sakti Alam saat membacakan sambutan Bupati, Zahir.

Ditempat yang sama Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Batu Bara, Ilyas Sitorus saat dimintai tanggapannya terkait penyembelihan hewan Qurban mengatakan bahwa Idul Adha atau yang juga dikenal sebagai Hari Raya Qurban merupakan salah satu hari besar bagi agama Islam. Pada hari tersebut, diperingati peristiwa Nabi Ibrahim yang mengurbankan putranya Ismail untuk memenuhi peeintah Allah SWT.

Lanjut mantan Kepala Biro Humas dan Keprotokolan Setdaprovsu ini banyak manfaat dalam pelaksanaan ibadah Qurban ini disamping sebagai hari besar untuk memperingati peristiwa penyembelihan Nabi Ismail oleh ayahnya sendiri yaitu Nabi Ibrahim. Juga umat Islam memaknai hari raya Idul Adha sebagai tanda puncaknya ritual ibadah haji di Mekkah.

Masih menurut Kadisdik, Ilyas selain ibadah qurban dan haji, perayaan Hari Raya Idul Adha juga sebagai semangat berbagi untuk semua, karena daging qurban tidak hanya disantap bersama keluarga tapi juga dibagikan kepada tetangga, saudara, serta orang-orang yang membutuhkan. Dari kegiatan ini, Idul Adha dapat menumbuhkan semangat berbagi dan tolong menolong untuk sesama, kemudian sebagai bentuk pengorbanan, memberikan keikhlasan serta mendekatkan diri kepada Allah SWT, ujar Ilyas.

Ilyas juga menyebutkan Dinas Pendidikan yang dipimpinnya bersama jajarannya akan menyembelih 15 ekor hewan Qurban berupa Lembu pada Minggu 2 Agustus 2020 bertempat di Dinas Pendidikan Kabupaten Batu Bara-Perupuk.

Tampak hadir selain Forkopinda juga OPD dan Camat se Kabupaten Batu Bara serta MUI dan organisasi kemasyaratan Kabupaten Batu Bara. (Aswat)

Editor : Sapta


Share This Article :
Dikonews7
4518356910882902657
close