Berkantor di Kecamatan Gunung Alip, Ini Yang Dilakukan Bupati


DN7 | Gunung Alip - Bupati Tanggamus Hj. Dewi Handajani, melaksanakan Program Berkantor di Kecamatan, yang kali ini dilaksanakan di Kantor Kecamatan Gunung Alip, Senin (28/9/20).

Turut mendampingi Bupati, Kepala Dinas (Kadis) PUPR Riswanda Djunaidi, Kadis Kesehatan Taufik Hidayat, Kadis pendidikan Aswin Dasmi, Kadis Kominfo Sabaruddin, Kadis Dukcapil Maradona, Kepala Bagian Tata Pemerintahan Syarif Zulkarnain dan Sekretaris Korpri Apriliani Taurusia.

Bupati Tanggamus Hj. Dewi Handajani, dalam kesempatan itu menyampaikan bahwa dirinya melakukan Program Berkantor di Kecamatan, untuk dapat melihat langsung bagaimana proses pelayanan, pembangunan dan agenda pemerintahan yang dilaksanakan di Kecamatan Gunung Alip. Juga untuk mengetahui apakah yang dilaksanakan oleh jajarannya, sudah sesuai dengan aturan dan target yang ditetapkan. Selain itu Bupati juga ingin mengetahui sejauh mana keaktifan dari para Penjabat Kepala Pekon (Pj. Kakon). 

Kemudian terkait Pilkakon, Bupati menyampaikan keinginannya agar Pilkakon ini terlaksana di Tahun 2020. Tetapi disatu sisi harus mengikuti peraturan dari Kementerian Dalam Negeri. "Kita akan berupaya semaksimal mungkin. Pj. Kakon agar dapat bekerja sama dalam menyerap dan membaca situasi dari masyarakat, yang mungkin akan terjadinya kericuhan, kegaduhan yang bisa membuat terhambatnya pelaksanaan Pilkakon nantinya," ujar Bupati. 

Masih kata Bupati, Pj. Kakon harus jadi penggerak ekstra, terutama dalam pelayanan kepada masyarakat, baik mengenai administrasi, kesehatan, pendidikan, pembangunan dan lain sebagainya, serta bisa menjadi penggerak yang bisa menyerap aspirasi dari masyarakat. Bupati juga meminta Camat untuk memantau para Pj. Kakon yang bertugas dikantor Pekon. 

Kemudian terkait permasalahan kesehatan, Bupati meminta agar dimasukkan kedalam skala prioritas. Demikian juga urusan Disdukcapil yang harus meningkat pelayananannya, dan agar lebih responsif terhadap masyarakat. "Kadis ikut mencari tahu tentang persolan-persoalan tersebut. Kalau ada data-data yang tidak lengkap tentang pembuatan KTP, KK atau Akte, harus segera dilengkapi dan harus segera disampaikan. Jangan sampai dipersulit, kasihan mereka yang sudah nunggu berbulan-bulan," tegas Bupati.

Lebih lanjut Bupati  menyampaikan keinginannya, untuk menjadikan Kecamatan Gunung Alip sebagai Sentra Bawang Merah. 

“Bagaimana konsep kedepannya, dan saya berharap dari Dinas Pertanian agar menjadikan produksi yang vital, sehinggga kondisi pertanian di Gunung Alip ini bisa lebih produktif dan agar pertanian lebih lagi baik lagi kedepan,” harap Bupati.

Selanjutnya terkait permasalahan Covid 19 di Kabupaten Tanggamus, yang semakin hari semakin bertambah. Bupati meminta agar semua pihak meningkatkan kewaspadaannya. 

“Kita lakukan dan berikan sanksi, apabila ada yang tidak mematuhi protokol kesehatan. Di New Normal, kita masuk dalam era kebiasaan baru seperti harus melakukan 3M, yaitu memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak dan hindari kerumunan.”

“Saya juga minta kewaspadaan ini lebih ditingkatkan lagi. Tolong awasi mereka yang datang mereka yang terpapar dengan Covid 19. Warga harus lapor jika ada warga yang datang dari luar daerah Kabupaten Tanggamus, dan kalau ada warga yang datang dari luar daerah segera berkoordinasi dengan Bidan Desa maupun Puskesmas terdekat, untuk dilakukan pengecekan." Tegasnya.

Mengakhiri penyampaiannya, Bupati berharap agar dari apa yang dilakukannya, dengan berdiskusi dan mendengarkan masukan dari bawah. Kedepannya akan lebih meningkatkan tata kelola pemerintahan di Kabupaten Tanggamus, serta meningkatkan kualitas pelayanan yang lebih baik kepada masyarakat. 

“Kegiatan ini juga akan kami terapkan di kecamatan-kecamatan lain, juga termasuk di pekon-pekon. Kami akan melakukan program ini untuk melihat langsung apakah sesuai dengan keinginan, aturan dan dengan harapan kami,” pungkas Bupati.

Dalam kesempatan tersebut Bupati juga menyerahkan bantuan secara simbolis berupa sembako seperti beras, gula, minyak goreng, susu dan lain-lain kepada para penjaga sekolah SD, SMP dan SMA, yang ada di Kecamatan Gunung Alip. 

Bantuan tersebut merupakan bantuan yang dihimpun dari ASN Pemkab Tanggamus, yang difasilitasi oleh Sekretariat Korpri Kabupaten Tanggamus, sebagai bentuk kepedulian terhadap warga masyarakat yang terdampak Covid 19. (Rudi)

Editor : Sapta

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel