Zona Merah, Kabupaten Labura Lakukan Tes Swab Massal Covid 19 - DikoNews7
MWFcLWN8MqpcNWt5NqpdNqB8M6MkyCYhADAsx6J=
MASIGNCLEANLITE103

Zona Merah, Kabupaten Labura Lakukan Tes Swab Massal Covid 19


FOTO : Tes Swab Massal Covid 19.

DN7 | Labura -

Dinas Kesehatan Kabupaten Labuhanbatu Utara lakukan Tes swab massal di beberapa tempat, yang pertama kali di laksanakan di UPTD Puskesmas Sukarame selama lima hari mulai dari tanggal 21-26 September 2020.

Selanjutnya di Puskesmas Gunting Saga, Puskesmas Bandar durian,Puskesmas Kota batu dan yang terakhir di Puskesmas  Marbau dengan jumlah keseluruhan 295 orang diseluruh Kab Labuhanbatu Utara Senin 21/09/2020.

Kepala Puskesmas Sukarame,Sri Wanti SKM, MKes,menjelaskan ada 80 orang yang melakukan tes swab di puskesmas sukarame, 20 orang diantaranya adalah tenaga medis bidang pelayanan kesehatan. Selebihnya merupakan masyarakat desa sukarame.
 
Tes swab yang diadakan oleh Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu Utara pada hari ini bertujuan untuk memutus mata rantai penyebaran pandemik virus covid 19, adapun dana dari pelaksanaan kegitan tes swab ini berasal dari dana anggaran  Provinsi Sumatera Utara.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Labuhanbatu Utara,dr.Hj.Saodah Nasution menjelaskan adapun prosedur swab secara teknis adalah pengambilan sample lendir dari hidung dan tenggorokan, untuk mengetahui apakah ada virus covid 19 didalamnya. 
 
Setelah diambil dan dimasukkan kedalam tabung yang sudah ditandai, hasilnya langsung dikirim ke Laboraturium Universitas Sumatera Utara (USU) Medan. Adapun hasil akan diketahui oleh yang bersangkutan selama 2 - 3 hari ke depan.

Dan apabila setelah mengikuti tes swab hasil nantinya positif,namun yang bersangkutan merupakan orang tanpa gejala (OTG), maka wajib dilakukan isolasi mandiri selama 10 hari. Namun jika dia dalam keadaan sakit dan hasil swab positif, wajib dilakukan isolasi di Rumah Sakit selama 14 hari. (SS/OT)
Share This Article :
dikonews7
4518356910882902657
close