Bupati H Ashari Tambunan Hadiri Pencanangan Kampung Bahari Nusantara Tahun 2020 - DikoNews7
MWFcLWN8MqpcNWt5NqpdNqB8M6MkyCYhADAsx6J=
MASIGNCLEANLITE103

Bupati H Ashari Tambunan Hadiri Pencanangan Kampung Bahari Nusantara Tahun 2020

FOTO : Pencanangan Kampung Bahari Nusantara (18/11).

DN7 | Pantai Labu -

Bupati Deli Serdang H Ashari Tambunan menghadiri acara hari puncak Pemberdayaan Wilayah Pertahanan Laut (DAWILHANLA) pesisir Tahun 2020 dengan kegiatan Pencanangan Kampung Bahari Nusantara. 
 
Untuk Tahun ini,penyelenggaraan Dawilhanla dilakukan di Wilayah Lantamal I Belawan, yang kegiatannya dipusatkan di Desa Regemuk Kec Pantai Labu Kabupaten Deli Serdang, Rabu (18/11) pagi. Selain di Wilayah Belawan, kegiatan Dawilhanla ini juga dilakukan di wilayah Pangandaran, Pontianak dan Balikpapan.

Hadir Langsung Danlantamal I Belawan Brigjen TNI (Mar) I Made Wahyu Santoso beserta istri, Paban III Mabes TNI AL Kolonel (Mar) Suharyadi, Ass. SPOTMAR Kolonel TNI (Mar) Sunar, Danyon Marhanlan Letkol TNI (Mar) Erikc, Kapolresta Deli Serdang Kombes Pol Yemi Mandagi, Kadis Porabudpar Khoirum Rijal, Kadis PU-PR Heriansyah Siregar, Kadis Perkim Herry Lubis, Kadis Kesehatan dr Ade Budi Krista, Kadis Kelautan dan Perikanan Syarifah Alawiyah, Kabag Tupim M Ary Mulyawan Simatupang serta Camat Rahmat Azhar Siregar beserta Kepala Desa se- Pantai Labu

Bupati Deli Serdang H Ashari Tambunan dalam sambutannya mengatakan kawasan pesisir laut sesungguhnya memiliki potensi yang luar biasa jika dikelola dengan baik dan akan memberi manfaat meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Menurut Bupati, kondisi di pesisir pada kenyataannya masih berbanding terbalik dengan yang diharapkan.  
 
Hal itu terjadi karena masih ditemukan sebahagian kawasan pesisir belum tertata dan kelola dengan baik bahkan ironisnya kawasan pesisir tercemar dan rusak yang berdampak pada menurunnya sumber daya pesisir dan laut baik kualitas maupun kuantitas.

Bupati mengatakan tujuan dicanangkannya Kampung Bahari Nusantara adalah untuk mengedukasi sekaligus menumbuhkan dan meningkatkan kesadaran masyarakat dalam menjaga sekaligus melestarikan sumber daya pesisir hingga dapat merubah kondisi pesisir yang ada saat ini menjadi lebih bersih dan indah.

Atas nama Pemkab Deli Serdang dan seluruh masyarakat Kabupaten Deli Serdang khususnya Kecamatan Pantai Labu Bupati menyampaikan ucapan terimakasih dan penghargaan setinggi tingginya kepada Kepala Staf TNI Angkatan Laut,  Danlantamal I Belawan atas pencanangan Kampung Bahari Nusantara. Mudah-mudahan kegiatan yang dilakukan TNI Angkatan Laut mendatangkan manfaat bagi masyarakat khususnya di wilayah pesisir.

Sementara itu, Danlantamal I Belawan Brigjen TNI (Mar) I Made Wahyu Santoso dalam pidatonya mengatakan kegiatan ini merupakan implementasi dari pelaksanaan tugas TNI sebagaimana yang tertuang dalam Operasi militer selain perang pada pasal 7 ayat 2b point 8 yaitu memberdayakan wilayah pertahanan dan kekuatan pendukung.

Dikatakannya Lantamal 1 Belawan akan terus berupaya membangun kerjasama yang baik dan harmonis dengan seluruh elemen baik pemerintah daerah maupun masyarakat guna menanamkan nilai kebangsaan serta memperhatikan peningkatan sumber daya manusia, sumber daya alam dengan melaksanakan program penyuluhan peningkatan kesejahteraan dan kesehatan masyarakat.  
 
Dijelaskannya, kegiatan  ini memiliki beberapa rangkaian diantaranya pencanangan Desa Rugemuk Kecamatan Pantai Labu Kabupaten Deli Serdang sebagai Kampung Bahari Nusantara Lantamal I, bersih pantai,apel komponen cadangan dan pendukung, penanaman pohon mangrove, pemberian sembako serta penyuluhan.

Melalui kegiatan ini ia berharap akan semakin mempererat hubungan antara TNI AL dalam hal ini Lantamal I dengan seluruh komponen masyarakat khususnya Desa Rugemuk guna membangun semangat persatuan dan kesatuan bangsa.
  
Sebelum kegiatan pencangan Kampung Bahari Nusantara, dilakukan Apel Komcad dan Komduk, Vidcon bersama Aspotmar KASAL Mayjen TNI ( Mar) Widodo Dwi Purnomo , dirangkai pengguntingan pita Gapura “Kampung Bahari Nusantara“,peresmian Rumah pintar, renovasi mushalla, giat bersih pantai, penanaman pohon mangrove, penyerahan kunci bedah rumahlayak huni bagi nelayan dan IMB bedah rumah layak huni.
 
Reporter : Tim
Editor : Diko
Share This Article :
dikonews7
4518356910882902657
close