Danlantamal I Canangkan Desa Rugemuk Menjadi Kampung Bahari Nusantara

FOTO : Peresmian Desa Rugemuk Kecamatan Pantai Labu (18/11).
 
DN7 | Belawan -

Dengan mengucap Bismillahirohmanirrohim, tepat pukul 08.25 WIB, Rabu 18 November 2020,   Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut I (Danlantamal I) Brigjen TNI (Mar)  I Made Wahyu Santoso menggunting pita yang direntangkan di Gapura pintu masuk menuju Desa Rugemuk.

Ini  sebagai tanda diresmikannya Desa Rugemuk Kecamatan Pantai Labu Kabupaten Deliserdang, Sumatera Utara menjadi  Kampung Bahari Nusantara. 
 
Danlantamal I pagi tadi didampingi Asisten Potensi Maritim (Aspotmar) Danlantamal I Kolonel Laut (P) Sunar  Sholehuddin dan sejumlah Pejabat Utama Lantamal I serta pejabat terkait Kabupaten Deliserdang.

Usai melaksanakan pengguntingan pita, Danlantamal I dan Ketua Daerah Jalasenastri Armada  I (DJA-I)  beserta rombongan menuju Lapangan Apel Kampung Bahari  Nusantara  tempat berlangsungnya rangkaian acara Dawilhanla Pesisir Tahun 2020.
 
Warga masyarakat nelayan Kampung Bahari Nusantara Desa Rugemuk pagi itu tampak merasa senang dan bahagia. Selain peserta apel komcad/komduk Dawilhanla, kalangan pedagang pun tampak disiplin mematuhi protokol kesehatan. 
 
Di pantai indah  yang berhadapan langsung dengan Selat Malaka itu berbagai kalangan terdengar riuh  menumpahkan rasa bangga dan haru mereka seiring  perubahan nyata lewat sentuhan potmar Lantamal I Belawan yang menggurat pesona di kampung itu.

Danlantamal I dalam sambutannya pada apel tersebut mengatakan, kegiatan yang dilaksanakan pada hari ini implementasi pelaksanaan tugas TNI sebagaimana yang tertuang dalam Operasi Militer  Selain Perang (OMSP) Pasal 7 Ayat 2b Poin 8, yaitu Memberdayakan Wilayah Pertahanan dan Kekuatan Pendukungnya.

Maka dari itu, Lantamal I akan terus berupaya membangun kerja sama yang baik dan memperhatikan tingkat harmonis dengan masyarakat. Ini untuk seluruh elemen , baik dengan Pemerintah Daerah maupun dengan masyarakat. 
 
Ini guna menanamkan nilai-nilai kebangsaan serta memperdalam dengan melaksanakan program peningkatan sumber daya manusia serta sumber daya alam dengan melaksanakan program penyuluhan, peningkatan kesejahteraan dan kesehatan masyarakat.

Kegiatan Dawilhanla pada hari ini memiliki beberapa rangkaian, di antaranya Pencanangan Desa Rugemuk Kecamatan Pantai Labu Kabupaten Deliserdang sebagai Kampung Bahari Nusantara, kegiatan bersih-bersih pantai, Apel komponen cadangan dan komponen pendukung, penanaman mangrove, pemberian sembako serta kegiatan penyuluhan.

Kita berharap melalui kegiatan ini akan semakin mempererat hubungan antara TNI dalam hal ini Lantamal I dengan seluruh komponen masyarakat, terlebih masyarakat Desa Rugemuk Pantai Labu. Ini  guna membangun semangat persatuan dan kesatuan bangsa, ujar pucuk pimpinan di Lantamal ujung barat NKRI itu. 
 
Reporter : Nur
Editor : Diko

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel