Akibat Industri Buang Limbah Ke Sungai Deli, Tanah Erosi dan Rumah Warga Nyaris Roboh

Foto : Perusahaan Industri di jalan KL Yos Sudarso

DikoNews7 -


Tim investigasi Aliansi Wartawan Medan Utara (Awan Mera) temukan perusahaan industri di jalan KL Yos Sudarso (Perbatasan Medan Utara-red) buang limbah cair ke sungai Deli. Akibatnya, aroma busuk bagaikan walang sangit cemari lingkungan sekitar perusahaan. Selasa (25/05/2021).

Perusahaan tersebut PT BEST Medan. Perusahaan industri minyak goreng itu berada di tengah padat penduduk anatara warga perbatasan Kelurahan Tanjung Mulia Kecamatan Medan Deli dengan Kelurahan Brayan kota Kecamatan Medan Barat. 

Di bagian belakang perusahaan PT BEST ditemukan gorong-gorong pembuangan limbah cair dari bawah tanggul yang diteruskan ke sungai Deli. Akibatnya di pinggi sungai Deli itu berlobang bagaikan kolam.

"Setiap hari limbah cair PT BEST ini dibuang ke sungai Deli, terutama saat industri berjalan lancar. Selain itu, polusi udara yang ditimbulkan produksi minyak dari PT Best baunya sangat menyengat hidung, bau busuk seperti bau walang sangit.

Masyarakat di sini resah, tapi selalu saja ada panglima talam yang kita duga sengaja memecah belah keresahan warga, oknum tersebut pasti punya kepentingan pribadi dari perusahaan tersebut. 
 
Foto : Lubang saluran pembuangan limbah

Tolong bantu kami pak, bau busuk industri itu sangat meresahkan". demikian dikatakan pemuda setempat berinisial AL (23) saat diwawancarai wartawan di sekitar lokasi pembuangan limbah perusahaan.


Pantauan di lapangan, perusahaan PT BEST Medan dilengkapi water treatment yang gunakan berbagai jenis bahan kimia. Begitu juga dengan mesin boiler yang diduga gunakan Batubara sebagai bahan pembakar. Limbah padat dan limbah cair dari perusahaan yang berdiri di tengah padat penduduk itu bermasalah.

"Tolong bantu kami pak, gara-gara saluran limbah pabrik ini rumah saya retak-retak dan nyaris roboh, tanah di sekitar rumah kami amblas terkikis aliran limbah", pinta Susi seorang ibu rumah tangga.

Pimpinan Perusahaan PT BEST Medan, Gunawan melalui HRD, Meri ketika dikonfirmasi tim wartawan melalui telepon sesulernya mengaku persoalan yang ditanyakan bukan ranah dirinya.

"Maaf pak, kalau soal lingkungan bukan ranah saya", kata Meri menjawab wartawan. 
 
Reporter : Nur
Editor : Diko

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel