Header

Kepengurusan YKI Kabupaten Sergai Dikukuhkan Secara Virtual

Foto : Pengukuhan Pengurus Yayasan Kanker Indonesia (YKI) masa bhakti 2021-2025

DikoNews7 -

Pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai (Pemkab Sergai) turut serta dalam Pengukuhan Pengurus Yayasan Kanker Indonesia (YKI) masa bhakti 2021-2025 yang dilakukan secara virtual bersama seluruh kabupaten/kota se-Sumatera Utara (Sumut) bertempat di Aula Sultan Serdang Komplek Kantor Bupati Sergai di Sei Rampah, Jumat (25/6/2021).

Wakil Bupati (Wabup) H. Adlin Umar Yusri Tambunan yang hadir dalam kegiatan berharap kehadiran YKI Kabupaten Sergai dapat berperan dalam memberikan edukasi kepada masyarakat terkait penyakit kanker yang dapat membahayakan kesehatan.

Adlin Tambunan menambahkan bahwa penyakit kanker mayoritas disebabkan oleh pola hidup.  Penyakit seperti ini tergantung dari perilaku kita sendiri, apakah kita berprilaku sehat atau tidak. Oleh karenanya kita harus menjaga pola hidup sehat agar terhindar dari berbagai penyakit.

"Karena itu, saya menyambut baik pengukuhan ini dengan tujuan agar para pengurus menjalankan tugasnya dengan memberikan pemahaman kepada masyarakat, “ kata Wabup.

Lebih lanjut disampaikan Wabup Adlin Tambunan, kita harus dapat berperan aktif untuk membantu masyarakat mengetahui tentang penyakit kanker melalui 3 (tiga) langkah yaitu; pertama, melakukan promosi dengan memberikan edukasi kepada masyarakat tentang penyakit kanker. 

Kedua, preventif untuk mencegah supaya dapat terhindar dari penyakit kanker dan ketiga, suportif dengan memberi dukungan untuk sembuh jika salah seorang masyarakat ada yang terkena penyakit tersebut.

Terakhir, Adlin berharap di masa pandemi masyarakat dapat mematuhi protokol kesehatan saat melakukan aktivitas sehari-hari. Hal ini demi meutus mata rantai pandemi yang hingga kini belum berakhir, pungkasnya.

Sementara itu, Ketua YKI Provinsi Sumut Ny Nawal Edy Rahmayadi dalam arahanya  secara virtual meminta para pengurus YKI di kabupaten/kota masing-masing untuk berperan aktif dalam menjalankan program kerja serta selalu berkoordinasi dengan YKI di provinsi.

“Kedepannya, kegiatan yang akan dilakukan YKI adalah dengan melakukan pelatihan maupun webinar kepada seluruh pengurus-pengurusnya,” jelasnya.

Sementara itu, Ketua YKI Kabupaten Sergai Ny Hj Rosmaida Saragih Darma Wijaya juga berharap kepada para pengurus bisa melaksanakan tugas yang telah direncanakan seperti yang di sampaikan Ketua YKI Sumut.

“Agar tidak ada lagi warga Sergai yang terkena kanker, Saya berharap kegiatan ini benar-benar dijalankan sehingga kasus tentang masyarakat Sergai yang terkena kanker tidak terjadi lagi. Semoga hadirnya organisasi ini dapat membantu warga agar dapat menyosialisasikan  pencegahan dan mengobati jika sudah terkena kanker.  Kita akan bekerjasama dengan para dokter yang ahli dalam bidang penyakit ini,” terangnya.

Adapun susunan kepengurusan YKI Kabupaten Sergai yaitu, sebagai Sekretaris YKI Ny Uke Retno Faisal Hasrimy yang juga menjabat Ketua DWP Sergai dan Bendahara Ny Aini Zetara Adlin Tambunan juga sebagai Ketua GOPTKI Sergai.

Reporter : AR

Editor : Diko

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel