Bupati Batu Bara Sampaikan Nota Penjelasan LKPD APBD T.A 2020

Foto : Bupati Batu Bara Ir Zahir saat menyampaikan nota penjelasan LKPD T.A 2020 pada Rapat Paripurna Istimewa DPRD Batu Bara. (Erwin)

DikoNews7 -

Bupati Batu Bara Ir H Zahir MAP menghadiri Rapat Paripurna istimewa Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) kabupaten Batu Bara dengan agenda persetujuan tentang RanperdaPertanggungjawaban Pelaksanaan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Batu Bara Tahun Anggaran (T.A) 2020, di Ruang Rapat Utama DPRD Batu Bara, Senin (05/07/2021).

Dari 35 anggota DPRD Batu Bara Rapat Paripurna istimewa di hadiri 32 anggota dan keseluruhan fraksi menerima Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) T.A 2020. Dan menyetujuhi Rancangan Peraturan Daerah.

Dalam sambutan Bupati Batu Bara Ir H Zahir MAP menyampaikan, Pemerintah kabupaten (Pemkab) Batu Bara telah berupaya menyusun laporan keuangan berdasarkan prinsip-prinsip akuntansi yang berlaku, sehingga tujuan laporan keuangan Pemerintah Daerah yang berguna untuk pengambilan keputusan, serta menunjukkan akuntabilitas manajerial yang transparan.

Selain LKPD kabupaten T.A 2020 yang di sampaikan kepada DPRD kabupaten Batu Bara adalah Laporan Keuangan yang telah diperiksa (di audit) oleh Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI dan diberikan Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP).

Penyajian LKPD untuk tahun berikutnya, kiranya dapat disajikan secara wajar, sekaligus memperkokoh terwujudnya transparansi dan akuntabilitas pengelolaan keuangan daerah yang lebih baik.

Maka langkah yang menjadi prioritas utama dan mendesak yang harus di tempuh Pemkab Batu Bara adalah : membangun sistem pengendalian intern yang baik di setiap OPD. Meningkatkan jumlah dan kualitas SDM yang memiliki latar belakang pendidikan dan pelatihan di bidang keuangan bagi petugas yang terkait dengan pengelolaan keuangan daerah. Menempatkan tenaga profesional meningkatkan peran dan fungsi pada inspektorat.

Bupati Batu Bara Zahir mengucapkan terima kasih kepada seluruh anggota DPRD Batu Bara yang tetap memantau dan memberikan masukan tentang kinerja pemerintah kabupaten Batu Bara.

“Tentunya terima kasih kepada seluruh anggota DPRD Batu Bara yang tetap memantau dan memberikan masukan tentang kinerja Pemkab Batu Bara. Tentunya kami akan berusaha bekerja lebih baik untuk masyarakat kabupaten Batu Bara,“ tutup Bupati Zahir.

Reporter : Erwin

Editor : Diko

 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel