Header

Keluarga Besar UPT SDN Nibung Hangus Sembelih 4 Ekor Hewan Qurban 1442 Hijriah

 

Foto : Penyembelihan langsung dilakukan oleh Ketua K3S Nibung Hangus M Syukur didampingi Sekretaris K3S Arsalanuddin. (Erwin)

 


DikoNews7 -

Keluarga besar UPT Satuan Pendidikan Sekolah Dasar Negeri (SDN) kecamatan Nibung Hangus kabupaten Batu Bara, merayakan iduladha 1442 H / 2021 M dengan melaksanakan penyembelihan 4 hewan qurban, di halaman UPT SDN 08 Pematang Rambai, Kamis (22/07/2021).

Empat hewan qurban tersebut meliputi 4 ekor sapi yang merupakan qurban dari sejumlah guru UPT SDN Nibung Hangus. Daging hewan qurban dibagikan kepada warga sekolah dan sejumlah masyarakat yang berada di lingkungan sekolah.

Ketua Kelompok Kerja Kepala Sekolah (K3S) kecamatan Nibung Hangus M. Syukur S.Pdi di dampingi Sekretaris Arsalanuddin. S. Pd mengungkapkan, dalam pelaksanaan qurbanini di samping melaksanakan ibadah qurbanmemupuk persaudaraan sesama guru, kemudian saling berbagi dalam suasana Pandemi COVID-19 ini kepada masyarakat sekitar sekolah.

“Penyembelihan hewan qurbansudah kami mulai dua tahun ini semenjak pecahnya kecamatan Tanjung Tiram menjadi kecamatan Nibung Hangus, “ sebut Ketua K3S.

Kami berharap nanti di tahun-tahun berikutnya bisa ditingkatkan lagi, sesuai dengan hewan yang telah  kami qurbankansebagian besar nanti kami serahkan kepada guru termasuk tenaga kependidikan se-kecamatan Nibung Hangus dan sebagian besar nanti akan kami salurkan kepada masyarakat sekitar sekolah.

“Tahun ini alhamdullillahkami dapat 4 ekor dari tahun sebelumnya baru perdana kami mulai dan itu dapat 1 ekor, kemungkinan di tahun depan kami tingkatkan lagi, “ ucap Syukur.

Dengan pelaksanaan ini kami berharap nanti setiap guru-guru dan tenaga kependidikan di kecamatan Nibung Hangus ini dengan ibadah seperti ini nanti kerja samanya dapat lebih erat lagi, kemudian kepedulian masyarakat di mana kita lihat masyarakat sekolah pada saat ini di kabupaten Batu Bara agak kurang kita lihat, dari sinilah kami berharap nanti masyarakat umumnya jiran-jiran sekolah itu peduli dengan keberadaan sekolah, baik dalam menjaga bangunan kemudian memperhatikan anak-anak mereka yang berada di sekolah, paparnya.

Kalau menurut kami selama ini dalam pelaksanaan tanpa ada tatap muka karena dalam suasana kampung rasanya memang tidak masalah sekali, artinya kalau guru mengunjungi kerumah-rumah siswa tidak menjadi masalah, Cuma saja masalah waktu itu lah yang terbatas kemudian karena tempat atau tinggal siswanya agak jauh.

Sehingga dalam membagi-bagi waktu dengan jarak yang berbeda untuk siswa ini dengan begitu waktu yang diberi hanya sedikit dan itulah yang di pergunakan oleh guru-guru untuk menyampaikan bahan pembelajaran kepada siswa khususnya di kecamatan Nibung Hangus ini.

Lanjut Syukur, untuk yang namanya daring karena kita dalam keadaannya kampung fasilitas siswa yang namanya Hp dan sebagainya menjadi kendala bagi kami, tapi kalau untuk luring mengunjungi ke rumah sebagian besarnya bisa kami laksanakan, cuma batas waktu inilah yang sangat terbatas, dan saya selaku Ketua K3S Nibung Hangus ini ingin membangun hal yang baru di kecamatan Nibung Hangus ini di mana nanti memang benar-benar masyarakatnya peduli dengan pendidikan, tandas Syukur.

Di tambahkan Sekretaris K3S Arsalanuddin. S. Pd mengatakan, K3S dalam program untuk guru-guru kecamatan Nibung Hangus, jadi program itu dikoordinir oleh K3S sehingga guru-guru bisa dapat berqurban dan itu di rencanakan setiap tahun, maka tahun ini untuk guru-guru dapat 4 ekor.

“Cara pelaksanaannya sistem estafet kita pindah dari desa ke desa supaya nanti masyarakat menyentuh terhadap pendidikan, dan qurban ini pun kalau bisa menyentuh juga ke masyarakat itu lahprogramnya sesuai hasil rapat K3S,  “ ujar Arsalanuddin.

Dijelaskannya, pelaksanaan qurban tahun ini merupakan dana dari guru-guru yang berqurbandan kita mengajak guru-guru itu menyadari supaya berqurbansendiri-sendiri, maka diadakan lah kerja sama itu sehingga dapat lahtujuh orang satu lembu sehingga yang berqurban untuk tahun ini menjadi 28 orang, kalau bisa tahaun depan lain pula orangnya, jadi sistem estafet juga orangnya.

Harapan kedepannya, kalau bisa tetap kita tingkatkan bagaimana qurban ini bisa menjadi amal ibadah nanti terutama bagi pendidikan dan bisa menyentuh kepada masyarakat, pinta Sekretaris K3S Nibung Hangus yang Ka. UPTD SDN 04 Bandar Sono.

Reporter : Erwin

Editor : Diko

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel