Gempa Magnitudo 5,3 Getarkan Padang Lawas Utara Sumut Siang Hari

Foto : Ilustrasi

DikoNews7 -

Kabupaten Padang Lawas Utara, Sumatera Utara (Sumut) digetarkan oleh gempa magnitudo 5,3, Rabu (11/8/2021) pukul 12.19 WIB. Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) melaporkan, dilakukan pemutakhiran menjadi magnitudo 5,2.

Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG, Bambang Setiyo Prayitno mengatakan, episenter gempabumi terletak pada koordinat 1,41° LU; 99,41° BT, atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 16 km arah Timur Kota Padangsidempuan, Sumut pada kedalaman 15 km.

Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dangkal akibat adanya aktivitas Sesar Sumatera Segmen Toru.

"Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan, gempabumi memiliki mekanisme pergerakan mendatar," kata Bambang.

Guncangan gempa bumi ini dirasakan di daerah Aek Godang, Padang Lawas Utara, Batang Toru, dan Padang Sidempuhan V MMI. Getaran dirasakan hampir semua penduduk, orang banyak terbangun.

Gempabumi ini berpotensi dirasakan di daerah Padang Lawas dan Tapanuli Tengah III MMI, yaitu getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan akan truk berlalu. Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempabumi tersebut.

"Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempabumi ini tidak berpotensi tsunami," ucap Bambang.

Hingga pukul 13:00 WIB, hasil monitoring BMKG menunjukkan adanya gempa bumi susulan pada pukul 12:31 WIB dengan magnitudo 3,1, dan gempa pendahuluan pada pukul 12:16 WIB dengan magnitudo 3,4.

Kepada masyarakat diimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Agar menghindari dari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa.

"Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal Anda cukup tahan gempa, ataupun tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yangg membahayakan kestabilan bangunan sebelum kembali ke dalam rumah," imbau Bambang.

Masyarakat juga diminta untuk memastikan informasi resmi hanya bersumber dari BMKG yang disebarkan melalui kanal komunikasi resmi yang telah terverifikasi.

 

 

 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel