Kepala Puskesmas Hutaimbaru Paluta Terjaring OTT Tim Saber Pungli Polda Sumut

Foto : Kabid Humas Polda Sumatera Utara (Sumut)  Kombes Hadi Wahyudi.

DikoNews7 -

Penyidik Subdit III/Tipikor Direktorat (Dit) Reskrimsus Polda Sumut menahan Kepala Puskesmas (Kapus) Hutaimbaru Kabupaten Padang Lawas Utara (Paluta), berinidial Her. Selain itu, turut ditahan Bendahara BPJS di Puskesmas, KDR.

Kabid Humas Polda Sumatera Utara (Sumut)  Kombes Hadi Wahyudi mengatakan, keduanya ditahan setelah terjaring Operasi Tangkap Tangan (OTT) Tim Saber Pungli dan Tipikor Polda Sumut di Puskesmas Hutaimbaru Kabupaten Paluta, Senin (9/8/2021) lalu..

"Kedua tersangka OTT di Paluta itu sudah kita lakukan penahanan," ujar Hadi Wahyudi ketika dikonfirmasi, Kamis (12/8/2021).

Hadi mengatakan, saat ini tim penyidik sedang melengkapi berkas perkara kedua tersangka untuk kemudian dilimpahkan ke Jaksa Penuntut Umum (JPU). Penahanan keduanya untuk mempermudah proses penyidikan.

"Secepatnya berkas perkara OTT Paluta kita limpahkan ke JPU," katanya.

Terkait pemeriksaan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Paluta dr Sri Prihatin Harahap karena diduga adanya aliran dana, Hadi menyatakan, sejauh ini penyidik belum membutuhkan keterangan yang bersangkutan.

"Belum ada rencana pemanggilan Kadis Kesehatan Paluta, karena memang penyidik belum menemukan keterkaitannya dengan OTT," tukasnya.

Diketahui, pada OTT tersebut, petugas mengamankan empat orang terduga pelaku pungli. Berdasarkan informasi diperoleh, OTT dilakukan terkait adanya dugaan pungli dan pemerasan terhadap bidan desa dengan penerimaan Bantuan Operasional Kesehatan (BOK) pada setiap puskesmas di Kabupaten Paluta.

Adapun 4 orang yang diamankan, yakni Kepala Puskesmas Hutaimbaru Her, Bendahara BPJS di Puskesmas, KDR, Kepala TU Puskesmas, YSH dan seorang tenaga harian lepas/staf TU Puskesmas penerima bantuan operasional kesehatan (BOK), SSH. (*)

 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel