Pasca Kebakaran Pipa Produksi Field Rantau, Genangan Minyak Menutupi Parit

Foto : Minyak menutupi permukaan air dan petugas PKD berusaha membersihkan parit dari genangan minyak

DikoNews7 -

Pasca kebakaran "Trunk Line 6" jalur pipa produksi Field Rantau menuju terminal Pangkalan Susu, di Lingkungan 3 Kampung Sawah, Kelurahan Bukit Kubu, Kecamatan Besitang, Kabupaten Langkat, yang terjadi pada Jumat (6/8) sore.

Hingga Sabtu (7/8/2021) siang, terlihat tumpahan minyak menutupi permukaan parit disekitar lokasi kebakaran, yang diperkirakan mencapai 1 kilo meter.

Selain itu, dampak buruk dari kebakaran ini, tanaman warga disekitar lokasi juga ikut mati terbakar, begitu pula dengan hewan air yang hidup disekitar parit, seperti ikan, belut dan kura-kura terlihat mati dan mengambang di permukaan air.

Sementara itu, sejumlah petani padi juga khawatir akan mengalami kegagalan panen, karena sumber air yang ada tercemar minyak mentah dampak dari kebakaran.

"Parit ini sumber air kita untuk mengairi lahan persawahan, kalau tercemar minyak seperti ini mana bisa kita pakai, tanaman padi pasti mati dan gagal panen," ucap Marpaung (46) salah seorang petani yang dijumpai disekitar lokasi.

Kepala Lingkungan III Kampung Sawah, Kelurahan Bukit Kubu, T Tampubolon, kepada wartawan mengatakan, sejauh ini pihaknya belum dapat memastikan seberapa besar kerugian masyakat akibat kebakaran itu, saat ini masih dilakukan pendataan, ujarnya.

Humas Pertamina EP Field Rantau Supandi, saat dikonfirmasi via aplikasi pesan WhatsApp, terkait dampak kebakaran dan tumpahan minyak yang memenuhi parit, dengan singkat dirinya menjawab," Tim masih  bekerja untuk pembersihan, terima kasih," jawabnya singkat.

Terlihat, beberapa petugas Tim Penanggulangan Keadaan Darurat (PKD) Pertamina EP Field Rantau, dengan menggunakan kain khusus, berusaha membersihkan parit dari genangan minyak, memisahkan minyak yang bercampur air dan memasukkan kedalam derigen yang sudah disediakan.

Hingga saat ini, penyebab kebakaran masih belum diketahui, namun beredar isu di masyarakat, jika kebakaran disebabkan dari kebocoran pipa akibat aksi pencurian minyak yang dilakukan dengan cara mengebor jalur pipa. 

Reporter : Kurnia02

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel