Pemerhati Kebijakan Publik Batu Bara : Website Salah Satu “CORONG“ Wakil Rakyat

 

Foto : Pemerhati kebijakan publik Batu Bara Adam Malik. (Erwin)


DikoNews7 -

Di era Globalisasi dan Teknologi, manfaat Wabsite untuk instansi Pemerintah sangat banyak mulai dari dan untuk instansi itu sendiri hingga masyarakat. Maksudnya disini adalah, Pemerintah bisa memberitahu kepada masyarakat tentang apa saja Visi Pemerintahan.

Yang tujuannya untuk kemajuan Pemerintahan tersebut. Sama halnya dengan websiteSekwanbatubarakab.go.id di harapkan bisa mensosialisasikan kegiatan DPRD Batu Bara sehingga masyarakat mengetahui apa-apa saja kegiatan wakil rakyat tersebut.

Hal ini di katakan Pemerhati Kebijakan Publik kabupaten Batu Bara Adam Malik melalui pesan WhatsAppnya, Sabtu (07/08/2021).

“Dalam wabsite resmi Sekwanbatubarakab.go.id kita bisa melihat updateterakhir itu di bulan September 2020. Hal tersebut sangat memperihatinkandi tengah-tengah perkembangan teknologi bahwa DPRD Batu Bara tidak memanfaatkan teknologi tersebut,“ ujar Adam.

Di sebutkan Pemerhati Kebijakan Publik Batu Bara Adam, zaman sudah sangat maju, arus globalisasi dan teknologi harus di kembangkan, kegiatan DPRD mustiupdate setiap saat melalui laman situs tersebut.

“Jika kendalanya itu di budgetingsehingga tidak ada orang yang bisa kendalikan wabsitenya, ya, buatlah kebijakan menambah anggaran kunker, rapat, dan sidang Paripurna, namun tanda kutip ya, jika wakil rakyat itu orientasinya ke budgeting sehingga aktif lahwabsitenya,“ ujar Adam.

Lebih lanjut di katakannya, Haag dan Keen (1996) : Pengertian teknologi informasi menurut Haag dan Keen bahwa teknologi informasi adalah seperangkat alat yang membantu anda bekerja dengan informasi dan melakukan tugas-tugas yang berhubungan dengan pemrosesan informasi. Namun, DPRD Batu Bara sendiri yang sudah memiliki wabsite resmi terkesan tidak mendukung eksistensi teknologi itu di Batu Bara.

Seharusnya apa lagi dalam situasi Pandemi COVID-19 saat ini yang menuntut orang lebih banyak bekerja dari rumah (WorkFromHome), sehingga masyarakat ingin tahu kegiatan anggota dewan dengan satu ketukan jari di layar Hp, suka atau tidak suka kita harus menerima teknologi informasi sebagai sarana kedua dalam memberikan informasi dan kegiatan dewan rakyat, ucap Adam.

“DPRD harus membuka mata dan mencari strategi efektif dalam menunjukkan kegiatan-kegiatan mereka dengan menggunakan dan memaksimalkan fasilitas teknologi informasi yang ada karena wabsite tersebut tidak lahgratis dan seluruh komponen website serta pemeliharaannya susah pasti memiliki anggaran,“ ungkap Adam.

Tegas Adam, anggota dewan Batu Bara harus melek teknologi, dan seluruh masyarakat ingin melihat update kegiatan wakil rakyatnya, terlepas itu seremoni atau narasi yang berisi, suka atau tidak suka bahwa laman website tersebut sangat bermanfaat untuk masyarakat mengetahui kegiatan wakil rakyatnya dan Batu Bara ini tidak tergolong daerah tertinggal dan terpencil. Updatedongkegiatan 2021 nya, pinta Adam.

Dia menilai, bahwa melihat situs website tersebut dapat di simpulkan anggota DPRD pada kategori menutup diri dari arus teknologi informasi yang sangat pesat.

“Website salah satu sarana alat corong wakil rakyat untuk memberikan transparansi kinerja mereka selama menjabat di samping reses dan lain-lain. Dengan adanya wabsiteakan membuat rakyat tidak menilai ekses negatif menjalan kan roda Monitoring dan evaluasi terhadap Pemerintahan,“ Jelasnya.

Dia mengajak wakil rakyat untuk sama-sama merespon secara aktif soal teknologi dan informasi serta memanfaat kannya, khususnya elite politik kita tingkat kabupaten, sehingga tidak mengancam Kemerdekaan mendapatkan informasi apa dan bagaimana kinerja wakil rakyat, tandas Adam.

Reporter : Erwin

Editor : Diko

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel