Pemkab Langkat Rakor Tim Terpadu Konflik & Pemberantasan Narkotika

Foto : Rakor Tim Terpadu Konflik & Pemberantasan Narkotika di Kabupaten Langkat

DikoNews7 -

Pemerintah Kabupaten Langkat menggelar rapat koordinasi (Rakor) tim terpadu penanganan konflik sosial Kabupaten Langkat, di Ruang Pola Kantor Bupati Langkat, Stabat, Sumit, Rabu (25/8/2021).

Bupati Langkat Terbit Rencana PA, melalui Wakil Bupati H Syah Afandin. Saat membuka rakor mengatakan, keberadaan tim terpadu salah satu kekuatan menjaga daerah dari berbagai tindakan prilaku yang mengancam keutuhan kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

Jadi diharapkan, tim terpadu penanganan konflik di Langkat, mampu menyelesaikan dan mengantisipasi munculnya masalah hingga pada kemungkinan terkecil. Sekaligus menutup hadirnya pihak-pihak tidak bertanggung jawab yang mengambil kesempatan ditengah konflik untuk kepentingan kelompok dan pribadi.

"Terus jalin serta berbagai informasi dan komunikasi dengan berbagai pihak,  agar sumber konflik yang timbul dapat dicegah, " ucap Wabup Langkat H. Syah Afandin.

Sementara Kakan Kesbangpol Langkat, Faisal Badawi menjelaskan, Rakor ini bertujuan meningkatkan koordinasi dengan pihak/lembaga terkait dalam penanganan konflik sosial secara terpadu.

Juga upaya mendeteksi dini permasalahan yang mengakibatkan terjadinya konflik di masyarakat.  Sekaligus, pengupayaan pemulihan pasca konflik bila terjadi permasalahan.

Ia juga menjelaskan, Rakor ini berdasarkan PP RI No 2 Tahun 2015, tentang peraturan pelaksanaan UU No.7 Tahun 2012, tentang penanganan konflik sosial, dan Permendagri No. 42 Tahun 2015, tentang pelaksanaan koordinasi penanganan konflik sosial.

Serta keputusan Bupati Langkat No. 200.05-01/K/2021 tentang pembentukan Tim Terpadu Penanganan Konflik Sosial Kabupaten Langkat Tahun 2021.

Sebab itu, Faisal menegaskan, Rakor antar seluruh pihak terkait ini dianggap perlu sebagai aksi nyata dalam menyamakan frekwensi dan persepsi terhadap sekelompok orang yang memiliki tujuan, untuk penanganan dan pencegahan konflik.

Turut mengikuti Rakor Kapolres Langkat AKBP Danu Pamungkas Totok,SH,SIK, Danramil 07 Stabat Kapten Arh Iroma Harahap mewakili Dandim 0203/Lkt, Kapolsek Sei Bingai AKP Rismanto Purba mewakili Kapolres Binjai, Jaksa Funsional Obrika Simbolon mewakili Kajari Stabat, Ketua FKUB Langkat Panjang Harahap, dan seluruh anggota Tim Terpadu Penanganan Konflik Sosial Kabupaten Langkat.

Selanjutnya, dilokasi yang sama, Wabup H. Syah Afandin. kembali membuka Rakor tim terpadu pencegahan, pemberantasan, penyalahgunaan dan  peredaran gelap narkotika dan prekursor narkotika (P4GN dan PN),  

Wabup mengingatkan perlu adanya satu komitmen kuat dari semua pihak, baik pemerintah dan stekholder untuk bersama melakukan pemetaan. Guna mengoptimalisasi aksi pencegahan, penanggulangan, penyalahgunaan dan peredaran gelap narkotika, di Langkat.

Tim P4GN dan PN Langkat juga diminta, menjadi penjuru  penanggulangan narkotika di tengah masyarakat, serta dapat memberikan wawasan dan edukasi kepada masyarakat.

"Agar masyarakat terhindar dari kejahatan narkotika, serta ikut terlibat mewujudkan Langkat bersih narkoba," harapnya.

Sementara Kakan Kesbangpol menambahkan, Tim P4GN dan PN Langkat bertujuan melakukan pencegahan, pemberantasan, penyalahgunaan dan peredaran gelap narkotika di Langkat.

Ia juga menjelaskan rakor ini berdasarkan PermendagriNo. 12 Tahun 2019, tentang fasilitasi pencegahan dan pemberantasan penyalahgunaan narkotika dan prekursor narkotika. Serta keputusan Bupati Langkat No. 200.05-02/K/2021, tentang pembentukan Tim Terpadu P4GN dan PN Kabupaten Langkat Tahun 2021.

Reporter : Kurnia02

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel