Longsor Terjang Padang Pariaman, 7 Orang Meninggal Dunia

Foto : Tim gabungan melakukan pencarian terhadap korban longsor di Padang Pariaman, Kamis (30/9/2021). (Liputan6.com/ BPBD Sumbar)

DikoNews7 -

Longsor menerjang Nagari Pasie Laweh, Kecamatan Lubuk Alung Kabupaten Padang Padang, Sumatera Barat, Rabu (29/9/2021) malam.

Setidaknya dua rumah tertimbun oleh tanah longsor, dan tujuh orang meninggal dalam bencana alam tersebut. Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Sumbar, Rumainur mengatakan terdapat 7 orang yang tertimbun dan semuanya meninggal dunia.

"Iya meninggal satu keluarga, saat ini evakuasi masih berlangsung," katanya, Kamis (30/9/2021).

Pada Rabu (29/9/2021) malam tiga orang korban sudah berhasil dievakuasi, sementara empat lainnya masih dalam proses evakuasi Kamis (30/9/2021).

Ia menyebut tanah longsor terjadi akibat hujan deras yang mengguyur sejak Rabu pagi. Saat ini tim BPBD Provinsi Sumbar telah turun ke lapangan untuk membantu melakukan proses evakuasi.

"Selain evakuasi, tim juga melakukan pendataan," ujarnya.

Sebelumnya Kalaksa BPBD Sumbar, Erman Rahman mengatakan potensi bencana mengintai provinsi ini hingga akhir tahun. Untuk itu mengingatkan masyarakat yang tinggal di lokasi rawan bencana agar selalu meningkatkan kewaspadaan.

Menurutnya potensi bencana yang perlu diantisipasi hingga akhir tahun ini berupa banjir, banjir bandang, dan longsor.

Untuk mengantisipasi dampak bencana hingga penghujung tahun nanti, pihaknya sedang menyiapkan Surat Keputusan (SK) Gubernur Sumbar tentang Siaga Darurat Bencana sampai 31 Desember 2021.

"Iya kita akan siaga darurat bencana alam hingga akhir tahun," ia menambahkan. (*)

 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel