Header

Kepergok Warga, Maling Kotak Infak Masjid di Balikpapan Nyaris Babak Belur

Foto : Aksi pencuri kotak amal di Masjid Balikpapan Kaltim.

DikoNews7 -

Seorang pria berinisial AA (19) nyaris babak belur dihajar warga, setelah aksinya yang ke sekian kali membobol kotak infak Masjid Al-Hikmah Sepinggan, Balikpapan Selatan tepergok warga.

Berhasil ditangkap pelaku pembobol kotak infak masjid ini setelah terjadi pencurian beberapa kali di masjid yang berlokasi di kawasan RT 19 Perumahan PT HER 1 itu.

Berawal dari sana lah akhirnya para jemaah masjid memasang Closed Circuit Television (CCTV) di sudut tersembunyi masjid. Dengan harapan ketika pelaku pencurian kotak infak tersebut muncul dan hendak kembali beraksi dapat terekam untuk menjadi barang bukti.

Benar saja, pada Rabu (29/9/2021) dini hari sekitar pukul 03.00 Wita aksi pencurian kotak infak di masjid tersebut kembali terulang. Warga yang mengetahui hal itu dan memantau rekaman CCTV melihat gerak-gerik pelaku.

Dalam rekaman CCTV, seorang pria berpakaian kaus lengan panjang warna putih, dipadu celana panjang jins hitam bertopi dan memakai tas selempang masuk ke area masjid sekitar pukul 03.00 Wita dan terlihat sedang membongkar kotak infak.

"Itu kejadian sekitar jam 3 dini hari waktu hujan, dia beraksi, warga langsung menangkap pelaku lagi bongkar kotak infak," kata salah seorang warga setempat bernama Farid, pada Rabu (29/9/2021) siang.

Setelah memastikan aksi pelaku pencurian, warga pun beramai-ramai menyergap pelaku. Pada saat hendak diamankan warga, pelaku sempat mencoba melarikan diri, tetapi berhasil dicegah oleh warga.

Warga yang geram dengan perbuatannya sempat melayangkan bogem mentah ke arah wajah dan tubuh pelaku. Beruntung di perumahan tersebut tinggal petugas kepolisian dan langsung mengamankan pelaku sebelum diamuk warga.

"Kami amankan bersama warga sempat kami periksa isi tasnya tidak ada tanda pengenal namun mengaku warga Sepinggan," ucapnya.

Farid menambahkan, aksi pelaku membobol kotak infak di masjid tersebut sudah keempat kali, yang pertama kerugian Rp500 ribu, kedua Rp1,2 juta dan ketiga Rp400 ribu. 

"Nah, yang keempat ini ketangkap sama warga. Kejadian sudah berulang kali ini," bebernya.

Selain mengamankan pelaku, warga juga mengamankan kendaraan sepeda motor yang digunakan pelaku pada saat beraksi. 

Pelaku sudah kami serahkan ke Polsek Balikpapan Selatan, ada motornya enggak ada surat-suratnya kami serahkan semua bersama barang bukti lainnya ke Polsek,” dia memungkasi.

Melihat makin seringnya aksi pencurian kotak infak, warga setempat akan terus meningkatkan kewaspadaan bersama agar menciptakan lingkungan yang aman. (*)

 

 

 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel