Header

Tingkatkan Perekonomian Masyarakat, Dosen FT USU Bangun Rumah Kaca Program PKM

Foto : Pembangunan dan pemasangan plank rumah kaca, program PKM USU di Desa Perlis

DikoNews7 -

Dalam rangka meningkatkan perekonomian masyarakat, khususnya masyarakat pesisir, Lembaga Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Sumatera Utara (USU), membangun rumah kaca dalam proses pengeringan ikan cincang rebung. Minggu (5/9/21).

Pembangunan dilakukan oleh Dosen Fakultas Teknik USU bersama masyarakat, yang diketuai Dr. Ir. Juliza Hidayati. MT serta anggota Dr.Ir. Nazaruddin.MT dan Prof. Dr. Ir. Rosdanelli Hasibuan.MT, di dusun 3 (tiga) Desa Perlis, Kecamatan Berandan Barat, Kabupaten Langkat.

Sebelumnya, Lembaga Pengabdian Kepada Masyarakat USU, telah melakukan kajian dan sosialisasi kepada masyarakat Desa Perlis, serta membentuk kelompok kerja, memberikan pelatihan serta edukasi kepada masyarakat.

Dr. Ir. Juliza Hidayati. MT melalui Prof. Dr. Ir. Rosdanelli Hasibuan.MT mengatakan. Inovasi rumah kaca sangat bermanfaat bagi masyarakat dalam usaha pengeringan ikan cincang rebung yang menjadi komoditi utama warga Desa Perlis.

Dimana proses pengeringan ikan cincang rebung tidak akan terganggu dengan perubahan cuaca, jika hujan atau mendung masyarakat tidak perlu mengangkat ikannya karena berada di dalam rumah pengering.

Jika cuaca panas, proses pengeringan akan lebih cepat, karena panas yang masuk ke rumah pengering tidak langsung keluar dan terkumpul di rumah pengering sehingga proses pengeringan berlangsung lebih cepat.

"Inovasi rumah kaca sangat bermanfaat bagi masyarakat dan pengusaha ikan cincang rebung, karena pengeringan  lebih efisien dan praktis dari segi waktu serta kebersihan selama proses pengeringan juga terjaga, karena tidak terkontaminasi bakteri dari lalat maupun lingkungan sekitar, karena berada di dalam rumah kaca," ucap Prof. Dr. Ir. Rosdanelli Hasibuan.MT.

Dirinya juga mengatakan, pembangunan rumah kaca program Pengabdian Kepada Masyarakat ini, didanai USU melalui dana Non PNBP USU tahun 2021.

Reporter : Kurnia02

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel