Bentrok dengan Kelompok Radikal, 3 Polisi Pakistan Tewas

Foto : Petugas polisi menahan seorang pendukung Tehreek-e-Labiak Pakistan, sebuah partai politik radikal, selama pawai menuju Islamabad, di Lahore, Pakistan, Jumat, 22 Oktober 2021. (AP/KM Chaudary)

DikoNews7 -

Tiga polisi Pakistan tewas dalam bentrokan pada Jumat (22/10) dengan demonstran dari kelompok radikal terlarang yang berunjuk rasa menuntut pembebasan pemimpin mereka dan pengusiran duta besar Prancis karena kartun yang menggambarkan Nabi Muhammad.

Para petugas ditabrak kendaraan yang melaju ke arah polisi saat ribuan aktivis dari gerakan Tehrik-e-Labaik Pakistan (TLP) berkumpul di kota timur Lahore untuk pawai di ibu kota Islamabad. Demikian seperti dilansir dari laman Channel News Asia, Sabtu (23/10/2021). 

Polisi menembakkan gas air mata setelah pendukung TLP menyerang pos pemeriksaan keamanan, selama bentrokan di seluruh kota, kata juru bicara polisi Arif Rana.

"Mereka telah meyakinkan kami bahwa mereka akan tetap damai tetapi mereka berubah menjadi kekerasan," katanya.

Koordinator media TLP Saddam Bukhari mengatakan polisi menyerang unjuk rasa damai tetapi Ketua Menteri Punjab Usman Buzdar, yang mengkonfirmasi kematian para petugas, mengutuk para demonstran. 

"Tidak ada yang bisa dibiarkan mengambil hukum ke tangan mereka sendiri," katanya.

Protes, atas serangkaian karikatur yang diterbitkan di majalah satir Prancis Charlie Hebdo tahun lalu, mengikuti bentrokan serius pada bulan April di mana setidaknya lima polisi dan tiga aktivis tewas dan ratusan lainnya terluka.

Menyusul bentrokan pada April lalu di mana aktivis TLP memblokir jalan raya, kereta api dan rute akses ke kota-kota dan melawan polisi, pihak berwenang menangkap pemimpin mereka, Saad Hussain Rizvi dan melarang kelompok itu. Rizvi telah ditahan sejak penangkapannya dan pemerintah telah menetapkan TLP sebagai gerakan teroris.

Pihak berwenang telah mencoba untuk bernegosiasi dengan kelompok itu, yang mengumpulkan para pendukungnya di luar markas besarnya di Lahore selama dua hari terakhir, tetapi negosiasi itu gagal dan kelompok itu meminta para pendukung dari seluruh Pakistan untuk berkumpul di ibu kota Islamabad.

Arteri utama ke dan dari Lahore dan Islamabad diblokir dengan kontainer pengiriman untuk mencegah demonstran memasuki kota. Area diplomatik di Islamabad, tempat sebagian besar kedutaan asing berada, juga diblokir.

Hampir 1.000 polisi terluka dalam bentrokan pada bulan April, yang dihentikan hanya setelah pemerintah mengumumkan pemungutan suara parlemen untuk mengusir duta besar Prancis atas penerbitan karikatur Nabi Muhammad oleh majalah satir Charlie Hebdo yang berbasis di Paris.

Majalah tersebut pertama kali menerbitkan kartun pada tahun 2006, dan membuat marah jutaan orang Muslim yang menganggapnya sangat menghina. Majalah itu menerbitkannya kembali tahun lalu untuk menandai pembukaan persidangan atas serangan mematikan terhadap majalah tersebut oleh militan pada tahun 2015. (*)

 

 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel