Pesona Sutjiati Narendra, Atlet Wanita Keturunan AS yang Berlaga di PON XX Papua

Foto : Sutjiati Narendra saat berlaga di PON XX Papua. (PB PON XX PAPUA/ R. Berto Wedhatama)

DikoNews7 -

Sutjiati Narendra berjaya pada debutnya di Pekan Olahraga Nasional atau PON XX Papua 2021. Sutjiati sukses mempersembahkan 2 medali emas dan 1 perak untuk Lampung di cabang olahraga senam.

Dua keping medali emas PON 2021 didapat pemilik nama lengkap Sutjiati Kelanaritma Narendra itu di nomor alat bola dan nomor pita simpai. Sedangkan perak diperoleh Sutjiati pada nomor semua alat perorangan.

Sutjiati tampil sangat luar biasa di nomor alat bola. Dia mencatarkan 18.700 poin, unggul jauh dari pesaingnya asal DKI Jakarta Carla Febri Florentia yang meraih 16.050 poin. Sutjiati juga unggul jauh saat merebut emas di nomor pita simpai.

Keberhasilan Sutjiati merebut tiga medali di Istora Lukas Enembe, Jayapura, sungguh luar biasa. Sutjiati baru dua setengah tahun menetap di Lampung.

Sebelumnya Sutjiati tinggal di Amerika Serikat. Putri dari Andy Narendra dan Christina (AS) itu memang lahir di New York pada 13 Februari 2004. Sutjiati bahkan sempat membela timnas Gymnastic Amerika Serikat.

Sejak 2019, Sutjiati meninggalkan Amerikat Serikat dan berpindah kewarganegaraan guna kembali ke kampung sang ayah, Lampung. Dia rela keluar dari timnas senam AS agar bisa membela Indonesia.

Penampilan Sutjiati di PON XX Papua mencuri perhatian. Selain karena berprestasi, Sutjiati juga berlaga dengan penampilan yang bertemakan Indonesia.

Sutjiati memilih lagu nasional Bengawan Solo sebagai musik pengiring penampilannya. Dia ingin penampilannya menyentuh hati para penonton tak hanya yang di lokasi tapi juga seluruh masyarakat dari Sabang sampai Merauke.

"Persaingan di PON berbeda sangat intens walaupun kompetisi nasional," ujar Sutjiati seperti dilansir Antara. Usai berlaga di PON, Sutjiati bersiap memperkuat Indonesia di ajang SEA Games. (*)

 

 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel