Header

Wabup Deli Serdang Resmikan Program Kampung Umat Bank Indonesia Religi dan Dompet Dhuafa Waspada

Foto : Wabup Deli Serdang Resmikan Program Kampung Umat Bank Indonesia Religi

DikoNews7 -

Wakil Bupati Deli Serdang HM Ali Yusuf Siregar resmikan Program Kampung Umat Bank Indonesia Religi dan Dompet Dhuafa Waspada sekaligus penyerahan bantuan kambing kepada penerima manfaat Program Kampung Ummat, yang Bertempat di Sentra Ternak DD Farm, Dusun Segitiga Desa Bulu Cina Kecamatan Hamparan Perak. Selasa (05/10/2021).

Peresmian yang ditandai dengan pemukulan gendang tersebut dihadiri Pimpinan Umum Harian Waspada dr Hj Rayati Syafrin MBA MM, Deputi Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sumatera Utara Ibrahim, Pimpinan Cabang Dompet Dhuafa Waspada Sulaiman, Ketua Yayasan Peduli Ummat Waspada, Armansyah, Kadis Ketahanan Pangan Herry Lubis, Sekretaris Dinas Pertanian Deliserdang Herman Saleh Dongoran, Sekretaris Dinas Kominfo Syafi’i Sihombing SIP MAP, Camat Hamparan Perak Jahar Effendy SSos MAP beserta Muspika, serta para Kepala Desa se Kecamatan Hamparan Perak.

Bupati Deli Serdang H Ashari Tambunan dalam sambutannya yang disampaikan Wakil Bupati, HM Ali Yusuf Siregar mengatakan, saat ini negara masih dihadapkan dengan pandemi Covid-19 yang mengganggu seluruh sektor tidak terkecuali sektor perekonomian.

Kondisi ini membuat sistem perekonomian masyarakat terganggu termasuk di Kabupaten Deliserdang, Untuk itu kehadiran program Kampung Ummat yang diselenggarakan DD Waspada bekerjasama dengan Bank Indonesia Regional Sumatera Utara ini tentu akan membuka peluang bagi masyarakat dalam meningkatkan pendapatan dan pemulihan ekonomi.

DD Waspada adalah lembaga nirlaba milik masyarakat Indonesia yang berkhidmat mengangkat harkat sosial kemanusiaan kaum dhuafa dengan dana Zakat Infaq Sedekah serta dana lainnya yang halal dan legal dari perorangan, kelompok, perusahaan dan lembaga ini memiliki beberapa program yang dibuat sebagai tempat penyaluran dana seperti program kesehatan pemberdayaan pendidikan ekonomi dakwah dan program sosial lainnya.

Program Kampung Ummat ini merupakan program turunan dari sentra ternak DD Waspada Farm dengan memberikan pelatihan, biaya kandang kambing sebagai modal yang dalam pemeliharaannya akan didampingi selama 2 tahun.

“Atas nama Pemerintah Kabupaten Deliserdang, kami dengan senang hati menyambut baik kegiatan Program Kampung Ummat dengan penyerahan bantuan kambing DD Waspada yang bekerjasama dengan Bank Indonesia Regional Sumatera Utara. 

Tentunya kami sangat mengapresiasi dan mengucapkan terimakasih kepada BI Regional Sumut dan DS Waspada yang telah menunjukkan kepeduliannya kepada masyarakat di Dusun Segitiga Desa Bulu Cina Kecamatan Hamparan Perak Kabupaten Deli Serdang. 

Kami yakin pemberian ini sangat berarti bagi penerima dan semoga dapat membantu meningkatkan kesejahteraan serta pemulihan ekonomi masyarakat ke depannya”katanya.

Sebelumnya, Deputi Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sumatera Utara Ibrahim mengatakan bahwa setiap tahunnya, Bank Indonesia berupaya untuk terus berbagi, menguatkan perilaku yang mengedepankan kepentingan umum, dan ikut berkontribusi membangun negeri. Kali ini kami mengupayakan untuk mewujudkan kontribusi kami dalam bentuk Program Perubahan Kampung Ummat.

“Program perubahan kampung ummat merupakan sebuah program pemberdayaan masyarakat yang kami harapkan dapat membantu perekonomian masyarakat sekitar melalui pembinaan untuk menjadi peternak yang handal,”ucapnya.

Di samping itu pula, Program Kampung Ummat ini merupakan wujud rasa syukur keluarga besar KPW BI Provinsi Sumatera Utara untuk ikut membangun Negeri dan mengentaskan kemiskinan melalui budidaya peternakan kambing bagi keluarga penerima manfaat, dan berharap kepada keluarga penerima manfaat dapat mengembangbiakkan hewan ternaknya untuk dapat digulirkan bagi penerima manfaat berikutnya yang kiranya dapat bermanfaat bagi ummat.

Dalam peresmian program perubahan kampung ummat tersebut, Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sumatera Utara juga menjelaskan, bahwa penerima program ini dimulai dengan 10 penerima manfaat/keluarga yang masing-masing menerima 5 ekor kambing, mulai dari pelatihan, penyediaan dan valuasi selama program ini berjalan akan berkolaborasi bersama Dompet Dhuafa Waspada. (*)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel