Header

Ketua Relawan STBK Talawi Serahkan Rompi dan Topi Kepada Relawan STBK Desa

Foto : Ketua Relawan STBK kec. Talawi Nasrul Efendi  menggunakan Kemeja hitam, bersama kader STBK  Desa. (Erwin)

DikoNews7 -

Menyikapi berbagai persoalan pada program kesehatan yang di alami saat ini, dibutuhkan penerapan pelaksanaan surveilanskesehatan yang mencakup seluruh pelaksanaan program di bidang kesehatan yang membutuhkan pengamatan terus menerus, analisis dan diseminasi informasi.

Sehingga penanganan penyakit dan masalah kesehatan lainnya dapat dilaksanakan secara terpadu dan menyeluruh.

Hal ini di katakan Ketua Relawan SurveilansTerpadu Berbasis Komunitas (STBK) kecamatan Talawi Nasrul Efendi saat menyerahkan rompi dan topi STBK kepada kader / relawan desa, di halaman UPT Puskesmas Labuhan Ruku kecamatan Talawi, kabupaten Batu Bara, Senin (01/11/2021).

“Dengan adanya STBK ini memudahkan untuk membantu Dinas Kesehatan (Dinkes) kabupaten Batu Bara dalam penanganan kesehatan,“ ujar Nasrul.

Dia berharap Surveilans Terpadu Berbasis Komunitas (STBK) ini terus berlanjut supaya kedepannya lebih mudah untuk bekerja sama Dinkes.

“Oleh karena itu upaya antisipasi yang perlu di lakukan dalam pencegahan, pengendalian dan penanggulangan penyakit dan masalah kesehatan lainnya dapat di lakukan secara komprehensif dan terpadu lintas program maupun lintas sektor serta UKBM sebagai bentuk pemberdayaan masyarakat melalui STBK,“ jelasnya.

Dikatakan Nasrul, Surveilans Terpadu Berbasis Komunitas (STBK) adalah penanganan dan pencatatan perkembangan penyakit dan masalah-masalah kesehatan lainnya, yang dilakukan oleh masyarakat (Kader / Relawan) bersama petugas kesehatan.

“Kader / relawan STBK desa harus turun langsung kelapangan atau doortodoordalam pengumpulan data dapat di perolehdari berbagai sumber yang selanjutnya di sampaikan ke Dinas Kesehatan atau Puskesmas terdekat,“ pungkas Nasrul.

Reporter : Erwin

 

 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel