Sungai Padang dan Bahilang Meluap, Kota Tebing Tinggi Dilanda Banjir

Foto : Banjir melanda rendam pemukiman warga Kota Tebing Tinggi.

DikoNews7 -

Banjir melanda sejumlah kelurahan di Kota Tebing Tinggi, Sumatera Utara (Sumut), Minggu (21/11/2021). Sebanyak 10 kelurahan yang tersebar di 5 kecamatan teridentifikasi adanya genangan dengan tinggi muka air berkisar 20 hingga 120 cm.

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Abdul Muhari mengatakan, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Tebing Tinggi menginformasikan ketinggian banjir meningkat, yang sebelumnya terpantau sekitar 20 hingga 70 cm.

"Di samping itu, BPBD setempat menyebutkan sebanyak 698 KK terdampak banjir yang terjadi pada pukul 04.00 dini hari waktu setempat," kata Abdul.

Banjir Kota Tebing Tinggi terjadi setelah hujan dengan intesitas tinggi mengguyur kawasan kota maupun kiriman air dari Kabupaten Serdang Bedagai. Hujan dan kiriman air menyebabkan debit air Sungai Padang dan Bahilang meluap.

Wilayah kelurahan yang terdampak di lima kecamatan antara lain Kelurahan Tebing Tinggi Lama, Badak Bejuang dan Bandar Utama di Kecamatan Tebing Tinggi Kota.

Selanjutnya, Kelurahan Brohol dan Bandar Sakti di Kecamatan Bajenis, Kelurahan Satria dan Tambangan Hulu di Kecamatan Padang Hilir, Kelurahan Pabatu dan Tualang di Kecamatan Padang Hulu, serta Kelurahan Sri Padang di Kecamatan Rambutan.

Merespons peristiwa ini, BPBD Kota Tebing Tinggi bersama dengan TNI, Polri, dinas terkait maupun relawan telah melakukan pemantauan dan pendataan di lapangan.

"Petugas juga menyiagakan apabila harus melakukan evakuasi warga menuju ke tempat yang aman," sebut Abdul.

Disampaikan Abdul, melihat prakiraan cuaca pada 2 hari ke depan, beberapa wilayah kecamatan di Tebing Tinggi yang terdampak banjir masih berpeluang terjadi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang.

"Pemerintah daerah dan masyarakat diimbau untuk waspada dan siap siaga terhadap potensi banjir susulan di wilayah yang saat ini masih terjadi banjir," tandasnya.

Reporter : Awanda SA

 

 

 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel