Header

Bupati Zahir Serahkan Bantuan Pada Kegiatan Dinas Perikanan Batu Bara Tahun TA 2021

 

Foto : Bupati Batu Bara Zahir serahkan bantuan.

DikoNews7 -

Bupati Ir H Zahir MAP serahkan bantuan pada kegiatan Dinas Perikanan Batu Bara Tahun 2021 di halaman kantor Dinas Perikanan Batu Bara di Desa Perupuk, Kecamatan Lima Puluh Pesisir, Kabupaten Batu Bara, Jum’at (17/12/2021).

Bantuan di serahkan kepada pelaku kegiatan perikanan tangkap, pelaku perikanan budidaya, pelaku pengelolahan dan pemasaran hasil perikanan. Peluncuran Aplikasi sistim informasi dan Layanan Publik.

Penyerahan bantuan tersebut di hadiri oleh Kadis Perikanan Antoni Ritonga, Ketua DPRD Batu Bara M Safi’i SH, Ketua Kadin Batu Bara H OK Faizal Abdul Djalil SE, Asisten Perekonomian dan Pembangunan, Kadisbudparpora, Kadis Perhubungan, Kadis Kesehatan, Kaban BPBD, Komandan Pos AL Tanjung Tiram, Kepala Pos POLAIR Tanjung Tiram, Ketua Koperasi Berkat Jaya, dan Ketua Kelompok Tani Cinta Mangrove.

Bupati Batu Bara Zahir mengatakan, Pemkab Batu Bara tidak bosan-bosannya berusaha melakukan pemulihan ekonomi di kabupaten Batu Bara baik bidang perikanan dan bidang kelautan.

Di katakan Zahir, selama ini banyak keluhan masyarakat terutama kelompok yang tidak punya sampan atau tidak punya mesin boat, tidak punya alat tangkap dan tidak punya tempat penyimpanan ikan dan lain sebagainya.

“Hari ini kita wujudkan itu, mudah-mudahan masyarakat atau kelompok dengan adanya bantuan ini dapat terbantu dalam bidang usaha dan secara global ekonomi semangkin meningkat,“ ujar Bupati Zahir.

Sementara Kepala Dinas (Kadis) Perikanan kabupaten Batu Bara Antoni Ritonga menyebutkan, bantuan yang diberikan terdiri dari 30 unit perahu lengkap alat tangkap berupa rajungan untuk 3 kecamatan, yaitu, 10 unit untuk kecamatan Sei Suka, 10 unit kecamatan Talawi dan 10 unit untuk kecamatan Tanjug Tiram.

Jenis bantuan lainnya diberikan untuk 6 kecamatan pesisir berupa mesin diesel penggerak utama, JPS Fortabel, alat tangkap jaring udang siap pakai 74 utas. 

Bantuan tentang budidaya perikanan di seluruh kecamatan se-kabupaten Batu Bara dalam bentuk bibit dan pakan ikan, bibit ikan hias, mesin pencetak pakan dan budidaya ikan dalam ember (Budidamber) dan budidaya udang dalam terpal, sebut Antoni.

Lanjut Antoni, bantuan dibidang pengelolahan hasil perikanan diantaranya, bantuan peralatan untuk usaha pembuatan Ambon ikan, dan peralatan untuk ikan asin dan alat rebus ikan gembung.

“Bantuan yang diberikan adalah untuk melanjutkan Misi Bupati Batu Bara Zahir, bahwa sektor usaha perikanan harus dapat menjadi motor penggerak ekonomi perikanan khususnya masyarakat pesisir. Sehingga tingkat kemiskinan dapat ditekan dan daya beli semangkin meningkat,“ sebut Antoni.

Reporter : Erwin

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel