Header

Gunung Semeru Kembali Luncurkan Asap Kawah Setinggi 500 Meter, Warga Diminta Waspada

Foto : Gunung Semeru menyemburkan asap tipis terlihat dari desa Curah Kobokan di Lumajang, Jawa Timur, Rabu (8/12/2021). (ADEK BERRY / AFP)

DikoNews7 -

Pantauan dari Pos Pengamatan Gunung Api (PPGA) Semeru pada periode pengamatan Senin (27/12/2021) pukul 12.00 hingga 18.00 WIB menunjukkan bahwa Gunung Semeru mengeluarkan asap kawah dengan ketinggian 500 meter di atas puncak kawah.

Pantauan secara visual pada Gunung Semeru yang memiliki ketinggian 3.676 meter di atas permukaan laut (mdpl) menunjukkan asap yang keluar berwarna putih.

"Secara visual asap kawah bertekanan sedang teramati berwarna putih dengan instensitas tebal dan tinggi 500 meter di atas puncak kawah," kata petugas PPGA Semeru, Liswanto dalam laporan tertulisnya di Gunung Sawur, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, dilansir dari Antara.

Selain itu, lanjut dia, secara visual gunung api tampak jelas dan untuk aktivitas kegempaan tercatat guguran sebanyak tiga kali kejadian dengan amplitudo 2-4 mm dengan durasi 20-30 detik.

"Status Gunung Semeru pada level III atau siaga, sehingga masyarakat diimbau tidak melakukan aktivitas apapun di sektor tenggara di sepanjang Besuk Kobokan sejauh 13 kilometer dari puncak (pusat erupsi)," tuturnya.

Di luar jarak tersebut, masyarakat tidak boleh melakukan pada jarak 500 meter dari tepi sungai (sempadan sungai) di sepanjang Besuk Kobokan karena berpotensi terlanda luasan awan panas dan aliran lahar hingga jarak 17 km dari puncak.

Liswanto mengatakan masyarakat juga tidak boleh beraktivitas dalam radius 5 km dari kawah/puncak Gunung Api Semeru karena rawan terhadap bahaya lontaran batu (pijar).

Masyarakat juga diimbau mewaspadai potensi awan panas guguran (APG), guguran lava, dan lahar di sepanjang aliran sungai/lembah yang berhulu di puncak Gunung Api Semeru, terutama sepanjang Besuk Kobokan, Besuk Bang, Besuk Kembar, dan Besuk Sat serta potensi lahar pada sungai-sungai kecil yang merupakan anak sungai dari Besuk Kobokan. (*)

 

 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel