Koordinator Kebersihan Kecamatan Tanjung Tiram Lakukan Kegiatan Rutin Bersihkan Parit

Foto : Petugas bersihkan sampah didalam parit di depan Pajak Inpres Kelurahan Tanjung Tiram.

DikoNews7 -

Koordinator Kebersihan, Abdul Halim Simangunsong melakukan pembersihan parit di depan Pajak Inpres Kelurahan Tanjung Tiram dengan melibatkan petugas kebersihan, Selasa 7/12/2021.

Menurut Abdul Halim Simangunsong selaku koordinator Kebersihan dari Dinas Lingkungan Hidup,  Kebersihan dan Pertamanan Kabupaten Batu Bara mengatakan, pembersihan parit ini dilakukan rutin tiga kali dalam satu Minggu.

Hal ini dilakukan sebagai tanggungjawab kami sebagai petugas terkait kebersihan (Sampah), banyaknya sampah di parit akibat kurangnya perhatian para pedagang menempatkan sampah pada tempatnya.

Maka dari itu perlu dilakukan pembersihan dan pengangkutan sampah dari dalam parit yang tersumbat, kalau tidak dilakukan pembersihan maka akan menimbulkan penyakit akibat berkembang biaknya nyamuk di parit tersebut.

Terkait kendala sampah diakuinya saat ini, sampah dapat teratasi dengan baik, walau ada juga lokasi dan titik-titik sumber penumpukan sampah yang belum maksimal teratasi, karena adanya faktor fasilitas pendukung seperti mobil pick up perlu ditambah lagi sehingga dapat menjangkau gang-gang yang masih belum optimal penanganan sampah yang dilakukan, walau ada betor satu unit tapi belum mampu untuk mengatasi sampah di lapangan, tuturnya.

Masyarakat juga sangat berperan dalam penanganan sampah ini, terutama kepedulian dan kesadaran warga masyarakat masih minim, masih banyak warga buang sampah sembarangan walau sudah kita sediakan bak Ambrol di dua titik lokasi,  namun sampah itu tidak dimasukkan kedalam bak tapi dibuang di luar bak,  sehingga kesannya kumuh, imbuhnya lagi.

Untuk petugas kebersihan yang bertugas dilokasi pajak inpres kelurahan Tanjung Tiram keseluruhan memiliki cara penanganan sampah yang umum dilakukan seperti pengumpulan sampah dan disapu dari kios-kios pedagang setiap sore hari, dan pada malam hari dan dibawa ke bak terdekat atau TPSS dan besoknya akan diangkut oleh Armada Dump Truk dan dibawa ke TPA di Kecamatan Air Putih, tuturnya lagi.

Agar penanganan sampah berjalan dengan baik diharapkan kesadaran dari pada masyarakat dan pedagang untuk lebih peduli dalam mengatasi sampah,  sampah-sampah yang bersumber dari rumah masyarakat sebaiknya ditempatkan pada tempatnya jangan asal buang dan menjadi titik lokasi sampah liar demikian juga para pedagang tempatkanlah sampah pada tempatnya atau di masukkan kedalam kantongan jangan berserakan.

Disamping itu, selaku koordinator kebersihan di Tanjung Tiram yang merupakan perpanjangan tangan Dinas Lingkungan Hidup,  Kebersihan dan pertamanan Kabupaten Batu Bara, siap untuk melaksanakan penanganan sampah di Kecamatan Tanjung Tiram,  itu adalah tugas kami, ucapnya lagi.

Disisi lain, Pemerintah Kabupaten Batu Bara agar lebih selektif melihat dan mengevaluasi pengawasan terkhusus di Dinas Lingkungan Hidup, Kebersihan dan Pertamanan Batu Bara agar ditahun Anggaran berikutnya lebih diutamakan dan diprioritaskan apa saja program dan rencana dinas terkait penanganan sarana pendukung dapat terealisasi sehingga pada pelaksanaannya kedepan seluruh fasilitas pendukung untuk meningkatkan penanganan sampah di Kecamatan Tanjung Tiram, Kabupaten Batu Bara, dapat terwujud, tukasnya. 

Reporter : HAS

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel