USU Persiapkan Program Internasionalisasi, Optimis Terwujud dalam 5 Tahun ke Depan

Foto : Universitas Sumatera Utara (USU).

DikoNews7 -

Universitas Sumatera Utara (USU) saat ini sedang mempersiapkan program internasionalisasi. Rektor USU, Muryanto Amin, optimis program ini akan terwujud dalam 5 tahun ke depan.

"Saat ini konsentrasi kita (USU) tengah mempersiapkan berbagai syarat untuk menuju internasionalisasi tersebut," kata Muryanto di Kampus USU, Kota Medan, Sumatera Utara (Sumut), Sabtu (11/12/2021).

Diterangkan mantan Dekan FISIP USU, internasionalisasi yakni memberikan kenyamanan bagi mahasiswa asing untuk belajar di USU. Sebagai tuan rumah, USU harus bisa memastikan kenyamaman bagi mahasiswa asing.

"Internasionalisasi yang dimaksud, kalau orang asing kuliah di sini, merasa nyaman. Ada juga nanti yang mengajar di sini dosen-dosen asing," terangnya.

Dijelaskan Muryanto, berbagai persyaratan yang disiapkan untuk menuju program internasionalisasi, salah satunya USU berupaya menembus 500 QS World University Ranking.

"Harapan kita, lima tahun ke depan sampai tahun 2026 bisa ke 500 QS. Itu capaiannya," jelasnya.

USU juga tengah gencar melakukan pembangunan, dengan tujuan untuk mewujudkan standar yang diperlukan bagi mahasiswa asing nantinya.

Disebutkan Rektor USU, Muryanto Amin, banyak yang didapatkan jika program internasionalisasi ini terwujud. Misalnya, devisa ngara akan bertambah karena para mahasiswa asing nantinya membayar semuanya di sini.

"Mulai kos, makanan, sampai mereka bisa bercerita mengenai kota wisata di Sumut," sebutnya.

USU menduduki peringkat 19 sebagai universitas terbaik di Indonesia. Hal ini berdasarkan data yang dirilis Quacquarelli Symonds Asia University Rankings (QS AUR) 2022.

Sementara di Asia, USU menjadi yang terbaik di peringkat 501-550 dari 687 institusi pendidikan yang dinilai. QS AUR 2022 pertama kali dirilis pada 2009. Dalam pemeringkatan ini, digunakan sejumlah metodologi. (*)

 

 

 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel