Peringatan Dini Hujan Lebat untuk Sebagian Wilayah Sumut, Waspada Longsor

Foto : Ilustrasi Hujan lebat disertai puting beliung di Wangon, Banyumas. (Liputan6.com/BPBD BMS/Muhamad Ridlo)

DikoNews7 -

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengingatkan masyarakat di Sumatera agar waspada terhadap hujan lebat yang dapat menyebabkan longsor terutama di dataran tinggi Sumatera Utara (Sumut).

Prakirawan BBMKG Wilayah I Medan, Lestari I Purba mengatakan, sebagian wilayah di Sumatera Utara berpotensi diguyur hujan dengan intensitas sedang dan lebat, Medan, Minggu (12/12/2021).

Atas kondisi tersebut, BBMKG mengeluarkan peringatan dini agar waspada hujan lebat untuk sebagian wilayah Lereng Barat, Pantai Barat dan pegunungan yang dapat menyebabkan terjadinya genangan-genangan air untuk wilayah perkotaan dan longsor untuk wilayah dataran tinggi.

Secara umum cuaca di Sumut pada Minggu siang hari berawan dan berpotensi hujan ringan hingga sedang di wilayah Langkat, Deli Serdang, Binjai, Medan, Sergai, Karo, Dairi, Simalungun, Samosir, Toba, Asahan, Pakpak Bharat, Kepulauan Nias, dan sekitarnya, dilansir Antara.

Pada sore - malam hari berpotensi hujan ringan hingga sedang di sebagian besar wilayah Sumatera Utara hujan lebat di sertai petir di wilayah Tapteng, Taput, Tapsel, Humbahas, Dairi, Pakpak Bharat P. Sidempuan, Madina, Samosir dan sekitarnya.

Sedangkan dini hari berawan dan berpotensi hujan ringan hingga sedang di wilayah Kepulauan Nias, Tapteng, Taput, Tapsel, Humbahas, Dairi, P. Sidempuan, Madina, Samosir, Pakpak Bharat dan sekitarnya.

Suhu udara 18.0 – 32.0°C, kelembapan udara 60 – 95 persen, angin berhembus dari Barat Daya-Timur Laut dengan kecepatan 10 – 30 km/jam. (*)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel