Plt Bupati Langkat Pimpin Apel Pencegahan dan Penanganan Covid-19 Varian Omicron dan Pelepasan Mahasiswa KKN

Foto : Plt Bupati Langkat H Syah Afandin SH memimpin Apel Kesiapsiagaan Percepatan Penanganan Covid-19 varian Omicron.

DikoNews7 -

Plt Bupati Langkat H Syah Afandin SH memimpin Apel Kesiapsiagaan Percepatan Penanganan Covid-19 varian Omicron. Apel digelar di Halaman Kantor Bupati Langkat, Stabat, Sumut. Rabu (9/2/2022).

H Syah Afandin mengatakan, Giat kesiapsiagaan Tim Satgas Covid 19 di Langkat, sebagai bentuk komitmen bersama membangun kesatuan pandangan, kesatuan persepsi dan kesatuan tindakan dalam memberhasilkan program pemerintah terkait vaksin dosis ketiga, serta upaya pemutusan mata rantai penyebaran serta antisipasi menghadapi  gelombang  III Covid 19 varian omicron di Indonesia.  

"Karena agenda Nasional tidak akan berhasil tanpa keterpaduan dan penguatan koordinasi serta komunikasi lintas sektor", ucap H Syah Afandin selaku Plt Bupati Langkat.

Dalam arahannya, dirinya juga menyampaikan beberapa hal untuk menjadi perhatian; Pertama, perlunya kesadaran bahwa tugas dan tanggung jawab sebagai aparatur sipil negara maupun TNI Polri memiliki kewajiban yang sama untuk mensukseskan program-program pemerintah.

Kedua, merencanakan secara matang penanganan pasien terhadap segala kemungkinan terburuk yang tidak terduga maupun dalam kondisi normal dengan membuat kontak saran yang jelas, serta menempatkan penanggung jawab pada masing masing tingkatan.

Terakhir, tetap menjunjung tinggi nilai hak asasi manusia dengan mengambil tindakan secara persuasif guna meraih simpati masyarakat dalam memberikan sosialisasi kesadaran akan kepatuhan terhadap pelaksanaan Prokes.

"Mudah-mudahan tugas Mulia ini sebagai bagian kewajiban kita aparatur negara, dapat kita jalankan sebagaimana mestinya, semoga seluruhnya akan bernilai ibadah," ucapnya.

Selanjutnya dihari yang sama,  pelaksana tugas Bupati Langkat melepas rombongan Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Sekolah Tinggi Agama Islam Jam'iyah Mahmudiyah (STAI - JM) Tanjung Pura, di halaman Kantor Bupati Langkat

Dilepas Plt Bupati Langkat Syah Afandin SH 278 Mahasiswa STAI- JM, untuk melaksanakan KKN di tiga Kecamatan, Kecamatan Tanjung Pura  Kecamatan Sawit Seberang dan Kecamatan Batang Serangan Langkat.

Plt Bupati Langkat dalam sambutannya mengucapkan terimakasih kepada civitas akademika STAI JM Tanjung Pura yang telah memilih kabupaten Langkat menjadi lokasi tujuan kegiatan pengabdian masyarakat.

Syah Afandin berharap, melalui KKN ini para mahasiswa dapat bersosialisasi dengan baik di tengah-tengah masyarakat, sembari belajar menjadi pemimpin, serta dapat memberikan pengetahuan dan wawasan kepada masyarakat akan arti pentingnya pelaksanaan Prokes dalam pemutusan mata rantai virus covid-19, prilaku hidup bersih, peduli lingkungan, serta senantiasa menguatkan persaudaraan dalam semangat kegotong royongan.

Beliau meminta, para mahasiswa dapat memberikan warna positif kepada generasi muda di lokasi digelarnya KKN, dapat menjalin hubungan secara aktif kepada para tokoh masyarakat dengan tetap menghargai dan menghormati nilai-nilai adat istiadat yang ada. Selain itu juga, mahasiswa harus bisa mendukung program program pemerintahan desa yang ada.

“Intinya harus ada sinergitas antara semua elemen masyarakat disana, sehingga apapun program yang akan dibuat bisa tercapai,” pungkas adik mantan Gubernur Sumatera Syamsul Arifin itu.

Terpisah, Sekda Kabupaten Langkat dr H Indra Salahudin M.Kes MM meninjau pelaksanaan Vaksinasi dosis III, di Tribun Alun- alun Tengku Amir Hamzah.

Pelaksanaannya merupakan Lounching vaksin Booster, dimana kedepannya masyarakat dapat melakukan vaksinasi di 32 puskesmas yang tersebar di Kabupaten Langkat pada hari Senin s/d Sabtu.
   
Selanjutnya Indra Salahudin memipin Rapat pembahasan pencegahan dan Penanganan COVID-19 Varian Omicron bertempat di Ruang Pola Kantor Bupati Langkat.

Rapat sebagai tindak lanjut instruksi gubernur terhadap penyebaran virus covid-19 varian omricon, dimana telah teridentifikasi 238 kasus  di Sumatera Utara, dan 11 kasus di langkat, dengan 1 pasien menunjukkan gejala covid-19 varian omricon, sedang dirawat di salah satu rumah sakit di langkat.

"Di langkat ada 11 pasien yang menunjukkan gejala omicron, 1 sedang dalam perawatan di rumah sakit" Ucap Plt Kadis Kesehatan dr Juliana MM.

Untuk itu Sekda mengintruksikan, kepada dinas kesehatan untuk mensiapkan segala bentuk kebutuhan, sebagai antisipasi Lonjakan dari penyebaran varian Omicron. Juga diminta kepada seluruh instansi terkait untuk dapat melaksanakan kegiatan sesuai arahan gubernur.

"Persiapkan segala sesuatunya, serta kebutuhannya, saling koordinasi dan kerjasama, " Pinta sekda mengakhiri.

Turut Hadir pada kegiatan; Dandim 0203 Langkat Letkol Inf. Wisnu Joko Saputro, Kapolres Langkat AKBP Danu Pamungkas Totok SIK, Mewakili Kapolres Binjai Kabag OPS Kompol Agung Basuni SH SIK, Kasdim 0203/LKT Mayor Inf. Teuku Husaini, Kabag Ops Polres Langkat Kompol Ares Pianto S.Sos, Kadis Kominfo H Syahmadi S.Sos M.SP, Kadis Perhubungan Drs Mulyono, Plt.Kadis Kesehatan dr Juliana MM, Plt Kasat Pol PP Dameka Putra Singarimbun, PJU Polres Langkat, Camat, Danramil dan Kapolsek se_Kabupaten Langkat.

Reporter : Kurnia02

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel