Satu Keluarga Kades Petahana Mencalonkan Diri, Ratusan Warga Desa Simangalam Geruduk Kantor Desa

Foto : Masyarakat Desa Simangalam gelar aksi demo.

DikoNews7 - 

Ratusan masyarakat geruduk kantor Desa Simangalam, Kecamatan Kualuh Selatan, Kabupaten Labuhanbatu Utara (Labura), Sumatera Utara, Senin (18/04/2021).

Sambil membawa keranda, spanduk dan poster-poster yang bertuliskan kekecewaan terhadap panitia penyelenggara pemilihan Kepala Desa, masyarakat Desa Simangalam mendatangi kantor Desa Simangalam, guna mempertanyakan kepada panitia penyelenggara terkait penerimaan pendaftaran calon Kepala Desa yang di duga sarat akan kepentingan.

Warga yang merasa kecewa menuntut kepada panitia agar meninjau ulang perihal penerimaan calon kepala desa, pasalnya dari tujuh calon kepala desa, lima calon merupakan keluarga dari Kepala Desa petahana, mulai dari istri, adek kandung perempuan, adek ipar dan adek kandung laki laki, yakni Arsinius Marpaung selaku kepala desa petahana, adiknya Janlas Marpaung dan Tinar Lasmawati Marpaung, istrinya Rusna Buaton, serta adik iparnya Yus Apriani Situmorang.

Saat ditemui awak media, Suwarto (54) warga Dusun Sidorejo Desa Simangalam yang merupakan koordinator lapangan menyampaikan, ini adalah aksi moral masyarakat dikarenakan munculnya satu keluarga mencalon kepala Desa di Desa Simangalam ini.

Besar dugaan kami ini adalah untuk melengserkan salah satu calon yang terencana dan akurat, karena awalnya masyarakat tidak mengetahui adanya peraturan baru dalam pencalonan Kepala Desa yang muncul tiba-tiba dan tidak ada pemberitahuan sebelumnya, ucapnya.

Suwarto juga menambahkan, masyarakat Desa Simangalan sangat kecewa, karena calon yang punya potensi dan didukung masyarakat tidak punya kesempatan gara-gara kejadian seperti ini, yang nyata-nyata kita lihat disini ada unsur monopoli, karena satu keluarga mencalon, tambahnya.

Dalam hal ini Suwarto juga mengatakan permasalahan ini tidak akan sampai di Panitia saja, kami akan membawa berkas tembusan dukungan ini hingga sampai kepada PMD dan DPRD Labuhanbatu Utara, jelas Suwarto.

Demi menghindari bentrokan, ketua panitia penerimaan calon kepala Desa Simangalam, Simon Manik di dampingi Sekretaris Lasma br Dolok Saribu dan anggota Rizal Lubis, Rahmad Hidayat, Evi Musfika Marpaung, Ristoni Wanri Manik, Suhunan Simangungsong menemui para demonstran.

Selanjutnya Simon Manik berjanji akan menyampaikan peristiwa ini secepatnya kepada Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu Utara, untuk ditindak lanjuti.

Reporter : SS/OT

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel