Polda Sumut Turunkan 2 SSK Brimob Amankan Pilkades Serentak di Deliserdang

Foto : Polda Sumut Turunkan 2 SSK Brimob Amankan Pilkades.

DikoNews7 -

Sebanyak 2 SSK personel Brimob Polda Sumatera Utara disiapkan jelang Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) secara serentak di Kabupaten Deliserdang. 

Hal dilakukan guna menciptakan situasi keamanan dan ketertiban masyarakat agar berjalan aman dan kondusif dalam mengamankan pesta Demokrasi tersebut.

Dalam Pilkades tersebut, sebanyak 303 Desa di Kabupaten Deliserdang pada awal tahun 2022 dan sisanya 77 desa akan dilaksanakan Pilkades serentak tahun 2023.

Pelaksanaan Pilkades serentak ini akan mempedomani Permendagri nomor 72 tahun 2020, tentang perubahan kedua atas Permendagri nomor 112 tahun 2014 tentang Pilkades yang mengatur tentang pelaksanaan Pilkades serentak dalam kondisi bencana non alam Covid-19.

Menurut Kabag Ops Sat Brimob Polda Sumut Kompol Heriyono mengatakan bahwa guna menciptakan sitkamtibmas aman dan kondusif, sebanyak 2 SSK personel Brimob Polda Sumut disiapkan dalam mengamankan proses berlangsungnya pesta demokrasi di Kabupaten Deliserdang.

"Tadi kita melaksanakan apel pengecekan di Mapolda Sumut dipimpin Karo Ops Polda Sumut dan selanjutnya melaksanakan apel pergeseran pasukan dipimpin langsung oleh Kapolrestabes Medan Kombes Pol Valentino Alfa Tatareda di Lapangan Merdeka," kata Kompol Heriyono, Minggu (17/4/2022).

Apel Pergeseran Pasukan tersebut dalam rangka OPS HUTA TOBA Pengamanan Pemilihan Kepala Desa Deliserdang di wilayah hukum Polrestabes Medan maupun di wilayah hukum Kabupaten Deliserdang langsung.

Heriyono menjelaskan bahwa 1 SSK di BKO kan ke Polresta Deliserdang dan 1 SSK dibawah kendali operasi Polrestabes Medan. 

"Pengamanan ini dilakukan sebab ada beberapa desa Kabupaten Deliserdang berada di wilayah hukum Polrestabes Medan jadi sebagian personel berada dibawah kendali Polrestabes Medan. 2 SSK ditambah team patroli kita siapkan dalam pengamanan Pilkades di Kabupaten Deliserdang dan harapannya kegiatan berlangsung dengan aman dan damai," tutup Heriyono. (*)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel