Tanggul Sungai Kualuh Jebol, Ratusan Rumah Terendam Banjir

Foto : Banjir di Kabupaten Labuhanbatu Utara.

DikoNews7 - 

Tanggul Sungai Kualuh yang berada di Desa Sialang Taji, Kecamatan Kualuh Selatan, Kabupaten Labuhanbatu Utara, Sumatera Utara, jebol dan merendam ratusan rumah warga, Selasa (19/04/2022).

Pantauan media, jebolnya tanggul sepanjang 50 Meter ini mengakibatkan putusnya akses jalan menuju ibukota kabupaten. Sebagian warga juga sudah mengungsi mencari dataran yang lebih tinggi.

Hal ini terjadi akibat dari luapan air sungai kualuh dan curah hujan yang sangat tinggi dalam sepekan terakhir membuat banjir masih bertahan. 

Menurut informasi, sedikitnya 400 unit rumah warga terendam banjir, sedangkan daerah terparah berada di Dusun Pasar Bengkuang, guna untuk menghindari banjir, puluhan kepala keluarga terpaksa mengungsi ke rumah keluarga mereka.

Selain itu, jebolnya tanggul Sungai Kualuh juga mengakibatkan 4  dusun terisolir yakni  Dusun Aek Natas, Kilaang Saudara, Pasar Bengkuang dan Dusun Kilang Samin, berhubung dikarenakan tanggul ini adalah satu-satunya akses jalan menuju ibu kota kabupaten.

Dari pantauan awak media ketinggian air di dataran rendah diperkirakan mencapai satu setengah meter sedangkan di dataran tinggi mencapai 80 cm. Selain merendam pemukiman warga, banjir juga merendam dua unit rumah ibadah dan dua unit sekolah dasar.

Aktivitas warga kini lumpuh total karena sekeliling perkampungan sudah dikepung banjir dan akses jalan terputus total, jadi satu-satunya transportasi yang digunakan warga untuk beraktifitas adalah dengan naik perahu sampan mesin melalui Sungai Kualuh.

Babinsa Desa Sialang Taji, Sertu Bornok Nainggolan menjelaskan, jebolnya tanggul penahan air Desa Sialang Taji ini disebabkan tingginya curah hujan yang mengakibatkan Sungai Kualuh meluap lalu menekan tanggul  hingga jebol, sedangkan transportasi yang di gunakan warga kini hanya bisa menggunakan perahu.

Warga berharap kepada dinas pengairan Provinsi Sumatera Utara segera memperbaiki tanggul yang jebol  agar perkampungan meraka terhindar dari bencana banjir yang  senantiasa mengancam korban jiwa.

Reporter : SS/OT

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel