Wabup Deli Serdang Buka Diklat Pemberdayaan Masyarakat Kepelautan dan Nelayan

Foto : Wakil Bupati Deli Serdang, HM Ali Yusuf Siregar membuka Pendidikan dan Latihan (Diklat).

DikoNews7 -

Wakil Bupati (Wabup) Deli Serdang, HM Ali Yusuf Siregar membuka Pendidikan dan Latihan (Diklat) Pemberdayaan Masyarakat Kepelautan dan Nelayan/Perikanan Kabupaten Deli Serdang dan Serdang Bedagai di Aula Dinas Kesehatan Kabupaten Deli Serdang, Senin (27/6/2022). 

Dalam laporan Kepala Kantor Unit Penyelenggaraan Pelabuhan Kelas II Tanjung Beringin, Luderwijek Siahaan ST MSC, menjelaskan Pelaksanaan diklat memberikan pemahaman yang baik terhadap seluruh nelayan dan wujud pelayanan serta pengabdian kepada masyarakat di Kabupaten Deli Serdang dan Serdang Bedagai. 

"Diklat ini agar meningkatkan kemampuan dan wawasan seluruh peserta yang hadir dalam penerapan aturan berlayar, khususnya BST, KLM, SKK 60 mil dan SKK 30 mil. Jumlah peserta 200 orang dari Kabupaten Deli Serdang dan Serdang Bedagai, semua mendapatkan pelatihan BST KLM dan juga pelatihan SKK 30 mil (Dek dan Mesin) pelatihan SKK 60 mil (Dek dan Mesin) masing-masing 50 peserta. Harapan dan pencapaian peserta dapat memperoleh Ilmu yang bisa diterapkan dalam keselamatan berlayar/berkerja sehari-hari," jelasnya. 

Di kesempatan itu, Wabup menjelaskan Kabupaten Deli Serdang merupakan wilayah yang memiliki topografi strategis dengan tersedianya potensi kelautan dan perikanan mulai dari pesisir, dataran rendah hingga dataran tinggi.

Kabupaten Deli Serdang memiliki garis pantai 65 km sepanjang Hamparan Perak, Labuhan Deli, Percut Sei Tuan, dan Pantai Labu yang berbatasan langsung dengan Selat Malaka.

Dengan adanya diklat tersebut, imbuh Wabup, adalah hal penting sebagai salah satu upaya untuk memberi peningkatan sumber daya manusia (SDM) di bidang kelautan serta kapasitas nelayan dalam pekerjaan sehari-hari. 

"Pelaksanaan diklat ini mampu membawa perubahan yang baik bagi nelayan sebagai salah satu sasaran dalam upaya pembangunan pada sektor perikanan, khususnya di Kabupaten Deli Serdang ini," harap Wabup. 

Sehingga, kata Wabup lagi, menjadi salah satu unsur dalam upaya mewujudkan Deli Serdang yang maju sejahtera dengan masyarakatnya yang religius dan rukun dalam kebhinekaan dapat segera tercapai.

Turut hadir Kepala Kantor Kesyahbandaran Utama Belawan Capt Bharto Ari Rahadjo MSi, Direktur I Politeknik Pelayaran Malahayati Aceh Dr Fauzi, Kepala Dinas Perikanan Deli Serdang Ir Hj Syarifah Alwiyah MMA, perwakilan Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian Hermina Oktatria br Damanik SE, perwakilan Pemkab Sergai, perwakilan Lantamal Belawan, dan para peserta diklat. (*)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel