Wujudkan Wartawan yang Berintegritas dan Profesional, PWI Batu Bara Kembali Gelar UKW

Foto : Ketua PWI Kabupaten Batu Bara Alpian S.Sos.I. MH.I.

DikoNews7 -

Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) kabupaten Batu Bara kembali menggelar Uji Kompetensi Wartawan (UKW) yang ketika kalinya untuk angkatan ke – 40 di aula MPH Tanjung Gading kecamatan Sei Suka, kabupaten Batu Bara, Sabtu (25/06/2022).

Ketua PWI Kabupaten Batu Bara Alpian S.Sos.I. MH.I dalam sambutannya mengatakan, mewujdkan wartawan yang berintegritas dan profesional dalam menjalankan tugas jurnalistik.

Di katakannya, UKW di gelar mulai tanggal 25 s/d 26 Juni 2022, dan ini yang ketika kalinya untuk kabupaten Batu Bara.

Lanjutnya, UKW yang di gelar untuk menilai apakah wartawan berkompeten atau tidak, setelah hasil  penilaian dari penguji dan ada 18 peserta, satu di antaranya tidak hadir dan terbagi dari tiga kelas, per kelas enam peserta, dua belas peserta untuk Muda dan enam peserta untuk Madya.

“Peserta UKW dapat mengikuti ujian dengan baik, teliti dan disiplin, sehingga bisa dinyatakan berkopenten, “ ujar Ketua PWI kabupaten Batu Bara, Alpian.

Bupati Batu Bara, Ir H Zahir MAP di wakili Kadis Kominfo, Edwin mengatakan, dengan adanya UKW ini, akan menjadikan para jurnalis lebih profesional dalam bekerja sesuai dengan prinsip-prinsip jurnalistik yang di atur dalam ketentuan perundang-undangan.

“Terlaksananya kegiatan ini akan berikan pengaruh positif bagi para jurnalis khususnya para wartawan yang berada di kabupaten Batu Bara, “ sebut Edwin.

Masih menurut Kadis Kominfo, Edwin, bahwa keberhasilan dan kesuksesan sebuah media tidak terlepas dari tugas seorang  jurnalistik atau wartawan yang profesional, wartawan yang memiliki kapasitas dan integritas tinggi serta mematuhi kode etik jurnalistik sebagaimana yang di atur dalam Undang-Undang Nomor 40 Tahun 1999 tentang pers.

Sembari Kadis Kominfo, Edwin juga mengucapkan terima kasih kepada Nara sumber dan penguji yang begitu peduli terhadap kemajuan dan profesionalisme insan pers di kabupaten Batu Bara.

Turut hadir, Ketua Um PWI Pusat di Wakili Asri Kamal Rokan, Bupati Batu Bara, Zahir di Wakili Kadis Kominfo Batu Bara, Edwin S, Ketua PWI Provinsi Sumatera Utara, H Farianda Putra Sinik, Ketua PWI Batu Bara, Alpian, para penguji dan nara sumber, seluruh peserta UKA angkatan ke-40 serta undangan lainnya.

Sementara itu, Ketua PWI Sumut H Farianda Putra Sinik mengapresiasi telah terlaksananya UKW angkatan ke-40 tahun 2022 yang di laksanakan PWI kabupaten Batu Bara, kegiatan UKW merupakan ajang kompetensi wartawan menuju profesional.

“Di era digital saat ini kita dituntut harus berkompeten dan bijak dalam menyikapi suatu pemberitaan, khususnya berita melalui media sosial, “ ujarnya.

Melalui pelatihan ini, mudah-mudahan kita dapat memahami tentang dunia jurnalistik sehingga kita dapat lebih bijak dalam menyikapi setiap pemberitaan yang ada, harapnya.

Reporter : Erwin

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel