Plt Bupati Langkat Lantik 164 Kades, Jabatan Bukanlah Hadiah

Foto : Plt Bupati Langkat H Syah Afandin SH Lantik 164 Kades.

DikoNews7 -

Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Langkat H Syah Afandin SH lakukan Pelantikan dan Pengambilan Sumpah/Janji kepada 164 kepala desa terpilih se-Kabupaten Langkat Periode 2022 - 2028, di Pendopo Jentera Malay Rumah Dinas Bupati Langkat, Stabat, Kamis (4/8/2022).

Plt Bupati H Syah Afandin SH menyampaikan selamat kepada para kades yang baru dilantik. Mereka terpilih secara konstitusional sebagai bukti para kades tersebut memperoleh mandat dari masyarakat. Untuk itu, para kades yang baru dilantik dimintanya mampu melahirkan karya terbaik untuk pembangunan dan kemajuan desa.

Ia juga mengingatkan, kepada seluruh kepala desa, bahwa jabatan yang diemban bukanlah hadiah, melainkan sebuah pikulan tanggung jawab kepada rakyat dan masyarakatnya. Juga tanggung jawab dalam membangun langkat dari tingkat terbawah yaitu desa.

"Perlu diingat, jabatan ini bukanlah hadiah, tapi semua ini adalah pikulan tanggung  jawab kepada rakyat dan masyarakat, yang nantinya juga harus dipertanggung jawabkan kepada sang Pencipta", ucap Plt Bupati.

Syah Afandin meminta, para kepala desa untuk membuat program program desa yang bermutu untuk kesejahteraan desa dan masyarakatnya, diantaranya dengan meningkatkan mutu pendidikan, dimana akibat ketidak mampuan ekonomi banyak anak-anak pintar didesa yang tidak mampu melanjutkan pendidikannya untuk mendapatkan gelar sarjana.

Untuk itu Syah Afandin berharap, desa dapat membuat program, bagaimana dalam satu priode setiap desa bisa menghasilkan 5 orang untuk bisa melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi dengan tetap mengikuti regulasi yang berlaku.

"Bayangkan kalau Ada 240 desa,  masing masing menyekolahkan lima (5) orang dalam satu (1) periode, maka akan ada 1.200 sarjana yang tercetak dalam satu priode, yang nantinya dapat dikembalikan untuk membantu membangun desanya", pungkas Afandin.

Sebelumnya, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Sutrisuanto SSos menyampaikan, pilkades serentak Kabupaten Langkat tahun 2022 diikuti 167 desa, dua (2) desa tidak dapat melanjutkan akibat tidak terpenuhinya syarat, serta adanya panitia pilkades yang mundur pada salah satu desa, sehingga hanya 165 desa yang lanjut dalam pemilihan.

Lanjut ia menyampaikan Kades yang ikut dalam pengambilan sumpah dan pelantikan berjumlah 164 dari 165 Kades terpilih, dimana 1 (satu) kades terpilih tidak dapat dilantik atas nama Syehpuddin dari Desa Hinai Kanan Kecamatan Hinai dikarenakan meninggal dunia usai ditetapkan sebagai kepala desa terpilih.

Turut hadir; Kajari Langkat Mei Abeto Harahap SH MH, Danyonif 8 Marinir Tangkahan Lagan Letkol Marinir Farick M Tr Opsla, Wakapoltes Langkat Kompol Hendrik Nupia Dinka Barus SH SIK MM, Mewakili Dandim 0203/Lkt Kapten Arh Irohma Harahap, Plt Asisten I H Amril SSos MAP, Jajaran OPD dan Forkopimda berhadir serta Plt Ketua PKK Kabupaten Langkat Ny Hj Endang Kurniasih. 

Reporter : Kurnia02

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel