Kades Helvetia, H Agus Salim Sukses Menyatukan Masyarakatnya

Foto : Kades Helvetia Agus Salim (tengah) bersama tokoh masyarakat Zore Ketaren (kiri) dan Batara Lubis (kanan).

DikoNews7 -

Kepala Desa (Kades) Helvetia, Kecamatan Labuhan Deli, Kabupaten Deli Serdang, dinilai berhasil merangkul dan merangsang semangat gotong royong masyarakat di desanya. 

Hal itu dibuktikan dengan aktifnya seluruh elemen Lembaga Kemasyarakatan Desa (LKD) dalam berbagai pembangunan Desa, Senin 19/09/2022.

"Kita tidak mau terpaku mati  dan hanya mengandalkan Dana Desa dalam pembangunan. Kita harus bisa membangun desa dengan semangat gotong royong dalam suasana kekerabatan, dan ini harus berkesinambungan", demikian ucap Kades Helvetia H Agus Sallim SE.

Tak dapat dibantah, dalam hitungan waktu yang tidak terlalu lama menjalankan tugasnya, terlihat perubahan besar baik tampilan Pemerintahan secara fisik, maupun dalam konsep pelayanan masyarakat.

Peran serta elemen LKD, baik itu Penggerak PKK, Karang Taruna, LPM dan BPD, semua terangkul sejuk oleh kearifan pria berusia 60 tahun ini.

Desa Helvetia yang dihuni oleh masyarakat dengan latar belakang pendidikan, pekerjaan, suku, agama dan ras beragam. Tentunya bukanlah hal yang gampang untuk mempertahankan kesatuan pandang dalam pembangunan desa. 

Namun dengan modal jiwa yang sederhana dan tak pandang strata dalam melayani masyarakat, beliau berhasil mengambil hati masyarakatnya.

"Saya tak pandai dengan lika liku teori. Saya hanya mengajak segenap elemen untuk berniat baik dalam hal pembangunan desa, baik yang bersifat pembangunan fisik maupun oemberdayaan masyarakat", ujar Kades Agus Salim.

Sementara itu, salah seorang anggota LPM Desa Helvetia, Andiko Yuda Sastrawan mengatakan, Kepala Desa Helvetia, bapak H Agus Salim SE harus dapat menjadi sosok Great Leader (Pemimpin Hebat) bagi masyarakatnya.

“Bapak Kades dan ibu Ketua TP PKK Desa Helvetia sebagai leader di Desa akan menjadi contoh dan panutan bagi masyarakatnya, oleh karena itu jadilah panutan yang baik dan jadilah Great Leader bagi masyarakat,” ucap Andiko.

Andiko menjelaskan, untuk menjadi seorang pemimpin yang Great Leader, Kepala Desa harus memiliki sifat mengayomi dan taat beribadah serta harus visioner.

Selanjutnya seorang great leader tidak pernah menyerah dan mampu menjadi tauladan, serta mempunyai semangat juang yang tinggi dan rela berkorban. Visi misi kepala desa dengan visi misi LPM harus senantiasa Sinergis agar tidak berbeda arah dalam mencapai suatu tujuan.

“Bapak ibu Kades harus punya cita-cita dan keinginan tentang bagaimana membawa masyarakat 6 tahun kedepan, dan inilah kenapa pemimpin harus visioner,” jelas Andiko yang juga merupakan pemimpin dan pemilik beberapa media online yang berdiri di Desa Helvetia.

Dengan kerja keras semua pihak, maka apa yang telah dicita-citakan akan terlaksana. Saat ini kondisi sedang sulit, namun kita tetap harus optimis, jika kita dapat bekerjasama dan mampu menggerakkan masyarakat bergotong royong, maka apa yang kita cita-citakan bersama akan lebih mudah terwujud, tandasnya.

Reporter : Tim

 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel